Kemenag Pessel Gelar Manasik Haji Reguler Bagi 144 Orang Jamaah Calon Haji Yang Berangkat 2024

Painan (Rangkiangnagari) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menggelar Bimbingan Manasik Haji reguler bagi jamaah calon haji yang akan berangkat ke tanah suci 1445 H/ 2024 M.Kegiatan berlangsung sejak 23 April hingga 1 Mei 2024. Sebelumnya Manasik Haji Sepanjang tahun juga sudah dilakukan di setiap KUA yang ada di daerah itu. 

Kepala Kantor Kemenag Pessel, H.Abrar Munanda melalui Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (Kasi PHU) H. Betriadi, Kepada media ini  mengatakan. Bimbingan manasik haji reguler tersebut, diikuti 144 orang jamaah calon haji  se kabupaten Pessel

"Alhamdulillah, kegiatan Bimbingan Manasik Haji reguler ini sudah berlangsung sejak Selasa 23 April dan sesuai jadwal hingga 1 Mei 2024  mendatang. Sebelumnya di masing-masing KUA juga telah kita lakukan bimbingan manasik haji sepanjang tahun dan kegiatan ini tidak dipungut biaya" Ungkap H. Betriadi Sabtu (26/4) di Masjid Al-Amilin Painan.

Dikatakan  H.Betriadi, sehari sebelum kegiatan bimbingan manasik dilakukan, tepatnya Senin 22 April juga telah dilakukan Pembukaan Manasik Tingkat Kabupaten yang berlangsung di Masjid Al- Amilin Painan. 

Selanjutnya, H.Betriadi menjelaskan, untuk pelaksanaan bimbingan manasik dilakukan di dua Wilayah. Pertama Wilayah 1 bertempat di Masjid Al-Amilin Painan dengan peserta dari Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang, IV Nagari Bayang Utara dan Kecamatan IV Jurai.

Sedangkan untuk Wilayah 2 bertempat di Kecamatan Ranah Pesisir. Adapun peserta manasik terdiri dari Kecamatan Batang Kapas, Sutera, Lengayang, Ranah Pesisir, Linggo Sari Baganti, Pancung Soal, Lunang dan  Kecamatan Silaut. 

Bimbingan manasik haji reguler yang dilakukan bagi jamaah calon haji menurut Kasi PHU, H. Betriadi, merupakan bagian dari tugas dan fungsi Kementerian Agama. Kegiatan itu dimaksud untuk memberikan pemahaman kepada jamaah agar mereka memiliki pengetahuan dan informasi tentang pelaksanaan ibadah suci tersebut.  

"Kita berharap dengan bimbingan manasik ini jamaah kita asal Pesisir Selatan  memiliki pengetahuan dan pemahaman yang tinggi tentang pelaksanaan ibadah haji. Sehingga mereka lebih mandiri dalam menyelenggarakan ibadah tersebut," tutur KUA Inovasi Tingkat Propinsi Sumbar Tahun 2021 tersebut.(Rn/Dd)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.