Optimis raih Juara, Gerakan PKK Nagari Tanjung Beringin dinilai Propinsi,

Pasaman Rangkiangnagari) - Nagari tanjung beringin Kecamatan Lubuksikaping mewakili Pasaman dalam penilaian Gerakan PKK tingkat Propinsi Sumatera Barat yang diselenggarakan di halaman Kantor camat setempat, jumat, 03 Mai 2024.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Pasaman Sabar AS,  Plt Sekretaris Daerah Pasaman Yasri Uripsyah, Ketua TP PKK Pasaman Ny.Denni Sabar AS, Wakil Ketua TP.PKK Pasaman Ny.Nenny Yasri Uripsyah, Kepala OPD, Forkopinca Lubuksikaping, Camat se Pasaman, Wali Nagari Tanjung Beringin dan wali Nagari se Kecamatan Lubuksikaping, Tokoh Masyarakat, Niniak Mamak setempat.

Bupati Pasaman Sabar AS dalam arahanya pada kesempatan tersebut menyebutkan, Atas nama Pemerintah daerah memberikan apresiasi terhadap TP PKK Tanjunh beringin atas kesiapanya menghadap penilain yang dilaksanakan oleh Tim penilai propinsi.

Dalam perjalanan nya TP PKK telah banyak memberikan kontribusi nyata serta sumbangsih untuk peningkatan kinerja Pemerintah Kabupaten Pasaman, ujar Sabar AS.

Dan kepada kepala OPD terkait Sabar AS berharap untuk terus mendampingi membantu dalam penilain tersebut sehingga nantinya TP PKK Pasaman bisa jadi yang terbaik di Sumatera Barat, ungkap Sabar AS.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman dalam sambutanya mengatakan Kepada Jajaran PKK Kecamatan Lubuk sikaping umumnya dan Tanjung Beringin ucapan terima kasih yang tak terhingga karena telah membntu dan berhasil melaksanakan persiapan lomba ditingkat Propinsi dengan baik.

Terkhusus bagi Bupati OPD terkait juga ucapan terima kasih atas bantuan dan dukungan yang diberikan srhingga PKK Pasaman dapat melaksanakan kegiatan Program PKK yang telah digariskan, Ucap Ny.Denny Sabar AS.

Sementara itu ketua Tim penilai gerakan PKK Propinsi Sumatera Barat yang diwakili Dra, Hj Daslina, mengatakan gerakan PKK adalah salah satu gerakan masyarakat,  dan berjalan secara berkelanjutan.

Dan untuk penilaian kali dilaksanakan berfokus pada kegiatan PKK nagari yang telah dilaksanakan selama tahun 2023

Disamping itu Penilaian ini merupakan sebuah bentuk evaluasi dan predikat juara itu adalah sebuah bonus dan yang yang paling penting adalah bagaimana program PKK ini dirasakan langsung ditengah masyarakat, ungkapnya,

Dalam eksposnya Ketua TP PKK Nagari tanjung beringin Ny. Verawati Ronal Yumasri menyebutkan, PKK Tanjuang beringin dalam hal ini telah banyak melaksanakan inovasi untuk mempermudah pelaksanaan Program PKK ditengah masyarakat.

Diantara inovasi tersebut adalah dengan adanya pembuatan buku saku yang merupakan buku pedoman bagi para kader dalam pelksanaan program dilapangan dan ditambah lagi dengan buku kegiatan perpokja buku tamu dan buku kegiatan piket, ungkap Vera.

Selain itu masih banyak lagi program inovasi yang dilahirkan masing masing pokja, seperti contohnya Nawang Gesang, yaitu penanman bawang pada gadebog pisang disamping itu juga dilaksanakan pembuatan pupuk organik cair dari limbah rumag tangga serta Pesan Liwang yaitu pembuatan pestisida alami dari kulit bawang, tambah Vera.

Vera juga menjelaskan, bahwa untuk kegiatan PKK Nagari Tanjung beringin dana berasal dari Dana Nagari setempat sebesar 25 juta rupiah dan kita berharap dengan dana seadnya tersebut bisa memberikan hal yang terbaik bagi masyarakat, tutup Vera.

Usai pembukaan penilaian dan administrasi serta tanya jawab, Seluruh tim melanjutkan peniliaian lapangan dibeberapa tempat.(Rn/Tio)

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.