SDN 30 Lubuk Lintah Adakan Muhasabah untuk Siswa Kelas VI

Lubuk Lintah (Rangkiangnagari) - SDN 30 Lubuk Lintah mengadakan kegiatan muhasabah untuk siswa kelas VI, Sabtu (11/5) di ruang sekolah setempat. Muhasabah dilakukan untuk menyambut ujian akhir sekolah yang akan diselenggarakan pada Senin mendatang. 

Kegiatan muhasabah diikuti oleh seluruh siswa kelas VI, dihadiri kepala sekolah, guru-guru dan walimurid kelas VI. Muhasabah dimulai pukul 10.00 WIB dengan dipandu oleh ustadz Redianto.

Dalam sambutannya kepala sekolah Mursida, SPd mengatakan muhasabah bertujuan agar siswa-siswi kelas VI dapat merefleksi apa yang telah mereka lakukan selama ini. Kemudian dengan Muhasabah diri diharapkan siswa menyadari apa keuntungan dan apa kerugian dari yang telah mereka lakukan itu.

"Muhasabah ini untuk merefleksikan diri, evaluasi diri, baik dan buruk yang telah diperbuat selama ini agar kedepannya dilakukan perubahan ke arah yang lebih baik," ujarnya.

Kepala sekolah juga berpesan kepada siswa -siswi kelas VI agar muhasabah ini dijadikan sebagai refleksi diri untuk menjadi anak yang lebih baik lagi dalam bersikap dan tingkah laku, dan menjadi anak yang membanggakan untuk orangtua dan guru-guru.

Selanjutnya dalam muhasabah ustadz Redianto menjelaskan tentang betapa besarnya jasa dan pengorbanan orang tua demi merawat dan membesarkan seorang anak.

"Anak-anak coba bayangkan bagaimana perjuangan ibu saat mengandung, melahirkan dan membesarkan ananda sampai saat ini. Betapa luar biasa pengorbanan ibu untuk anak-anaknya. Coba ananda renungkan," katanya.

Ustadz pun mengajak anak-anak mendoakan orang tua, menjadi anak yang shaleh dan shaleha yang berbakti kepada orang tua. Menjadi anak yang membanggakan dan menyenangkan hati orang tua, guru-guru dan orang banyak.

"Mari ananda semuanya jadikan diri ananda sebagai anak yang berbakti, anak yang membanggakan bagi orang tua dan guru-guru. Persiapkan diri ananda untuk mengahadapi ujian akhir sekolah dengan sebaiknya, dan giat belajar demi menggapai cita-cita ananda," ujarnya.

Menutup tausiah dan muhasabahnya ustadz Redianto juga mengajak para siswa untuk bersalaman dan meminta restu orang tua seraya memohon maaf atas sikap dan perilaku yang telah dilakukan selama ini. Kemudian siswa juga bersalaman meminta maaf dan memohon restu kepada kepala sekolah dan guru-guru yang telah mengajar dan mendidik selama ini di sekolah.

"Jangan lupa ananda ucapkan terimakasih kepada orang tua yang telah membesarkan dan merawat ananda selama ini. Dan ucapkan juga terimakasih kepada guru-guru ananda yang telah mengajar ananda di sekolah. Semoga ilmu yang telah disampaikan guru-guru ananda menjadi berkah untuk ananda semuanya," ujar ustadz.

Acara muhasabah siswa kelas VI SDN 30 Lubuk Lintah berlangsung khidmat, acara muhasabah ditutup dengan doa bersama demi kesuksesan siswa kelas VI dalam menghadapi ujian akhir sekolah nanti. (Sil)

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.