BMKG Minta Waspadai Gelombang Tinggi Hingga 27 Desember

JAKARTA(RS) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait prediksi akan adanya gelombang tinggi di sejumlah perairan yang tersebar di Indonesia sejak 24 Desember hingga 27 Desember 2018.

Berdasarkan rilis BMKG, akan terjadi gelombang tinggi di seluruh perairan Indonesia.
“Terdapat pola tekanan rendah 1011 hPa di Samudera Hindia barat Lampung. Pola angin umumnya bergerak dari barat – utara pada wilayah Indonesia bagian utara dengan kecepatan angin berkisar antara 5 – 20 knot,” kata Kasubbid Analisa dan Prediksi Meteorologi Maritim, Zairo Hendrawan.

Adapun prediksi gelombang tinggi yang akan terjadi di perairan Indonesia bagian selatan. Angin diperkirakan akan bergerak dari barat daya – barat laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5 – 25 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan timur Lampung, Laut Jawa bagian barat, Laut Sulawesi, perairan utara Halmahera hingga Papua. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di wilayah-wilayah tersebut,” tuturnya kepada okezone.

Atas peringatan dini tersebut, BMKG meminta para nelayan dan pelayaran untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. “Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

#Ryan

Labels: ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.