Polri Bentuk Satgas Berantas Mafia Bola

JAKARTA(RS) – Polri membentuk Satuan Tugas (Satgas) khusus untuk memberangus mafia pengaturan skor pertandingan sepakbola. Tim ini akan langsung di bawah komando Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang bekerjasama dengan pihak Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

“Satgas itu langsung dikendalikan oleh bapak Kapolri sendiri. Termasuk personil personilnya akan dipilih, memilih kualifikasi di bidang penyidikan,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, di kantornya, Kamis (20/12).

Dedi menjelaskan, dalam satgas ini juga akan dibentuk sub satgas yang akan melakukan investigasi atau melakukan pemantauan, penyelidikan dan penyidikan di dalam setiap pertandingan. “Kami akan melakukan penyidikan bekerjasama dengan PSSI dan PT Liga orang-orang yang akan dijadikan mister whistle blower terhadap kasus tersebut,” ucap Dedi.

Satgas ini, menurut Dedi, akan dibentuk secepatnya bahkan sebelum penyelenggaraan liga Indonesia pada tahun depan. “Secepatnya kata pak Kapolri sebelum Liga 2019 bergulir satgas itu ada. Begitu liga berjalan satgas langsung running (bergerak),” ucap Dedi.

Mengenai adanya beberapa nama yang sudah disebut yang diduga terlibat dalam pengaturan skor, Dedi menuturkan bahwa penyidik sudah melakukan pemetaan. Namun, hingga saat ini penyidik masih melakukan pengumpulan alat bukti. Nantinya, jika ada seseorang dengan alat bukti yang kuat terlibat dalam pengaturan skor maka pihakmya bisa menjerat dengan tindak pidana penipuan atau penyuapan.

Sejauh ini, lanjut Dedi, pihak PSSI sudah berkomitmen untuk bekerja sama dengan Polri memberantas mafia pengaturan skor. “Dari PSSI terkait mekanismenya yaitu mengawasi suatu pertandingan dan dari PT Liga mengawasi klub, komite wasit maupun siapapun yang bertanggung jawab dalam suatu pertandingan.

#Ryan
Labels: ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.