Kalahkan Thailand, Timnas Indonesia U-22 Ulangi Sukses SEA Games 1991


PHNOM PENH (RangkiangNagari) – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 sukses menyabet gelar juara Piala AFF U-22 2019 usai menaklukkan Thailand di partai puncak dengan skor tipis 2-1. Keberhasilan skuad asuhan Indra Sjafri tersebut nyatanya merupakan pengulangan dari sukses Timnas Indonesia kala menjuarai SEA Games 1991.

Kesamaan dari sukses Timnas Indonesia U-22 saat ini dengan gelaran SEA Games 1991 adalah mereka sama-sama menaklukkan Thailand di partai final. Tentunya telah menjadi rahasia umum bahwa Thailand merupakan negara sepakbola terkuat dan tersukses di Asia Tenggara. Meski Indonesia tak kalah hebatnya, namun sejarah mencatat Tim Garuda kerap mengalami kekalahan kala bersua Tim Gajah Perang.

Pada SEA Games 1991, Indonesia mengalahkan Thailand melalui drama adu penalti setelah bermain imbang tanpa gol di waktu normal. Dalam drama adu penalti tersebut, Sudirman menjadi pahlawan Indonesia setelah eksekusinya tak bisa dibendung penjaga gawang Thailand. Sayangnya, sejak keberhasilan tersebut, Indonesia tak pernah lagi meraih gelar juara di ajang SEA Games.

Indonesia sebenarnya sempat dua kali menjejak partai final SEA Games sejak saat itu. Sayangnya, dalam dua final tersebut Indonesia selalu mendera kekalahan, masing-masing dari Malaysia (2011) dan Thailand (2013). Sementara itu, di ajang Piala AFF, capaian Indonesia juga tak kalah memilukannya kala berjumpa Thailand di final.

Diwartakan okezone, Indonesia tercatat tiga kali berhadapan dengan Thailand di final Piala AFF. Sayangnya, Tim Garuda selalu gagal menyabet gelar juara. Maka dari itu, kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Thailand di ajang Piala AFF U-22 2019 bisa menjadi pelipur lara setelah beberapa kali menuai kekecewaan.

#Ryan
Labels: , , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.