Wabup Hadiri Ziarah Amanah Silek Pingian Rantau Batanghari ke 119


Pulau Punjung (RangkiangNagari) - Wakil Bupati Dahrmasraya, H. Amrizal Dt Rajo Medan menghadiri Ziarah Amanah Silek Pingian Rantau Batanghari ke 119 di Balai-balai Laman Tuo, Nagari Sungai Dareh, Rabu (28/08).

Acara Ziarah Amanah Silek Pingian ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh pengurus sebagai ajang silaturrahim antara sesama anggota perguruan yang berasal dari berbagai daerah, seperti Riau dan Jambi. Selain itu, acara ini juga sekaligus dalam rangka berziarah ke makam Guru Besar Silek Pingian yang berada di Sungai Dareh.

Wabup dalam sambutannya mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang rutin dilaksanakan saban tahun itu. Menurut Wabup, keberadaan Silek Pingian adalah sebagai salah satu Silek Tuo di Minangkabau yang sudah terkenal dan banyak tersebar di berbagai wilayah, baik di Minangkabau maupun di luar Minangkabau.

“Silek Tuo ini, perlu terus dipertahankan dan dilestarikan,” ujar Wabup, yang juga pernah menjadi murid Silek Pingian.

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya pun, sebut Wabup, sangat mendukung kegiatan ini. Karena dapat mengembangkan serta melestarikan nilai-nilai budaya yang dapat dijadikan sebagai salah satu sektor pariwisata di Kabupaten Dharmasraya dalam rangka peningkatan perekonomian daerah.

"Budaya dan sejarah akan menjadi prioritas dalam pengembangan wisata di Kabupaten Dharmasraya. Untuk itu seluruh potensi yang ada harus mampu kita gali dan lestarikan, salah satunya Silek Pingian Rantau Batanghari ini," ujar Wabup. 
Wabup juga berharap, acara ini dapat dikemas menjadi suatu destinasi wisata budaya yang dapat menarik wisatawan. "Sehingga, selain untuk mengembangkan dan melestarikan keberadaan Silek Pingian, acara ini juga dapat menjadi salah satu sektor pemasukan daerah untuk mengangkat perekonomian masyarakat," tandas Wabup.

Sementara itu, Wali Nagari Sungai Dareh, Hendrianto, dalam kesempatan yang sama menyampaikan terimakasih kepada wakil bupati yang sudah berkenan hadir dalam acara tersebut.

"Kami juga berterimakasih kepada pemerintah daerah melalui Dinas terkait yang sudah turut menyokong terselenggaranya acara ini," pungkas Hendrianto.


#Ryan #(TM)
Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.