Nelayan Pesisir Selatan Temukan Hiu Tutul Terdampar

PAINAN (RangkiangNagari) – Nelayan Taluak Batuang, Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas, Pesisir Selatan, dikagetkan dengan seekor hiu tutul sepanjang 7,5 meter dengan berat lebih kurang 1,5 ton terdampar di pantai, Senin (7/10) sore kemarin.

“Ikan hiu tutul sepanjang 7,5 meter itu terdampar tidak jauh dari bibir pantai Taluak Batuang, Kecamatan Batang Kapas dalam kondisi lemas,” ungkap Jon (45), seorang nelayan setempat.

Menurutnya, terdamparnya seekor hiu tutul itu diketahuinya saat hendak pergi melaut, tiba-tiba saja sudah terlihat seekor hiu tutul besar terdampar tidak jauh dari bibir pantai.

“Ya, saat ditemukan kondisi ikan raksasa itu lemas. Kemudian ia dibantu nelayan lainnnya berusaha menarik ikan itu ke tengah laut,” ungkapnya.

Sementara informasi yang diperoleh, hiu tutul terdampar akibat kondisi cuaca serta gelombang tinggi. Sedangkan untuk evakuasi ikan itu, nelayan mengggunakan kapal bagan. Fenomena terdamparnya seekor hiu tutul tersebut menjadi tontonan warga sekitar.

Sementara Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan saat ini masih menunggu hasil kajian dari Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang, terkait penyebab hiu tutul yang terdampar di Pantai Taluak Batuang, Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas tersebut.

Hiu tersebut akhirnya dikuburkan di tempatnya terdampar dengan menggunakan alat berat.

#Ryan
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.