Tambang Batubara Ombilin Bakal Berproduksi Lagi Tahun Depan

SAWAHLUNTO (RangkiangNagari) – Tambang Batubara Ombilin (TBO) di Kota Sawahlunto akan berproduksi lagi tahun 2020 mendatang. Direncanakan, produksi sekitar 350 ribu ton per tahun.
General Manajer (GM) PT Bukit Asam Unit Pertambangan Ombilin, Nan Budiman kepada Singgalang, Kamis (17/10) mengatakan, meski masa depan Tambang Ombilin ada di underground mining (tambang bawah tanah-red), tapi PT BA masih punya cadang sedikit di penambangan terbuka di Kawasan Langkok.
“Cadangan batubara yang bisa ditambang sekitar 1,3 juta ton. Sebagian batubara di Langkok  pernah ditambang penambangan rakyat, tapi batubara di lapisan A. PT Bukit Asam, nanti akan menambang batubara lapisan B dan C,” ujarnya.
Namun, masalah sekarang adalah tanah ulayat. Areal yang akan ditambang masuk Nagari Sijantang atau Nagari Kolok. Bulan depan, menurutnya, PT Bukit Asam akan melakukan pengukuran untuk memastikan areal akan ditambang di salah satu ulayat itu.
“Secara teknis, kami sudah siap. Tiga tahun di tambang terbuka dan sisanya dilanjutkan di penambangan bawah tanah. Akhir semester pertama sudah keluar batubara,” ujar Nan Budiman.

#Ryan
Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.