Latest News

Bibit Pohon yang Ditaman BNPB Hilang

PADANG (RangkiangNagari) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar berharap masyarakat ikut menjaga dan merawat pohon yang sudah ditanam sepenjang bibir pantai. Pohon tersebut ditujukan untuk mengantisipasi abrasi dan tsunami.

Kalaksa BPBD Sumbar, Erman Rahman mengungkapkan, pihak terus memantau perkembangan pohon yang sudah ditanam sepanjang bibir pantai di sumbar. Pohon tersebut sebelum bibit bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Kita berharap, masyarakat juga ikut memelihara. Merawat bagaimana pohon yang kita tanam itu dapat tumbuh dengan baik. Karena itu langkah preventif bagi kita untuk menghindari dampak tsunami, jika terjadi,”sebutnya, Kamis (26/12).

Erman juga menyayangkan jika ada tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab merusak bibit pohon tersebut. Meski begitu, Erman tidak menampik sejumlah bibit tersebut terganggu oleh aktivitas masyarakat di tepi pantai.

“Dari pantauan kita memang ada yang rusak, akibat aktifitas masyarakat di tepi pantai. Seperti nelayan yang melaut. Untuk itu mengimbau agar masyarakat dapat menjaganya,”sebutnya.

Diungkapkannya, untuk menjaga pohon itu tetap tumbuh, pihak telah mengerahkan petugas menyiram bibit pohon. Hanya saja rutinitas itu tidak dapat dilakukan setiap hari.

“Kita jika ada waktu selalu siram, agar pohon dapat tumbuh dengan baik,”katanya.

Sebelumnya, BNPB telah menggagas gerakan Tanam Sejuta Pohon di kawasan di Sumbar. Kegiatan tersebut digagas bersama TNI, Polri, aparatur pemerintahan dan komponen masyarakat di Kota Padang.

Penanaman pohon di kawasan pantai diharapkan dapat mengurangi risiko bencana, sebab pohon ini dapat menahan gelombang air laut. Jenis pohon yang ditanam adalah, cemara udang. Pohon tersebut berguna untuk mitigasi bencana, dan dapat menambah keindahan pantai.

#Ryan
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Bibit Pohon yang Ditaman BNPB Hilang Rating: 5 Reviewed By: Umarzam