Latest News

Hari Menanam 2019 di Payakumbuh DATANGKAN DUTA LINGKUNGAN DLH TANAM DAN SEBARKAN 10.000 BIBIT POHON

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) - Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2019 di Kota Payakumbuh ditandai dengan Festival Batang Agam. Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi bersama Forkopimda Kepala Balai Wilayah Sungai dan Kadis LH Sumatera Barat, ikut menanam pohon penghijauan disepanjang Sungai Batang Agam Payakumbuh, Rabu (18/12)
Kedua iven berskala besar itu digelar dalam rangkaian HUT Kota Payakumbuh ke-49. Acaranya berlangsung cukup meriah dibanjiri ratusan warga kota. Gelar acara yang baru pertama digelar ini, selain memperkenalkan proyek infrastruktur normalisasi Sungai Batang Agam bernilai ratusan miliar rupiah, juga ditandai dengan penanaman pohon penghijauan dalam rangka Bulan Menanam Nasional 2019. 

Ikut menyemarakan HMPI 2019 ini Duta Lingkungan Olivia Zalianty yang datang jauh- nauh dari Jakarta. Mantan bintang Sinetron Ada Apa dg Cinta ini didaulat membacakan puisi berthemakan pemeliharaan lingkungan hidup. Ia akan berjuang diseluruh tanah air, mengajak anak negeri ini untuk mencintai lingkungan.
Festival Batang Agam dan Bulan Menanam Nasional 2019 dibuka Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi. Dihadiri Kepala Wilayah Sungai Sumatera V Maryadi Utama, Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Ferry, Kajari Payakumbuh Nur Tamam, SH. MH, pimpinan OPD, pimpinan BUMN/BUMD dan berbagai komunitas pemeliharaan sungai.
Kadis LH Payakumbuh Dafrul Pasi didampingi Sekretaris DLH Syamsurial dan Kabid Penataan Yunimar, melaporkan, selama sebulan ke depan pihaknya akan mendistribusikan 10.000 bibit pohon penghijauan dan tanaman buah-buahan kepada kelurahan, kecamatan, sekolah serta perguruan tinggi.
Tanaman penghijauan itu, bakal ditanam di daerah atau lahan kritis. Bantuan semua warga kota, sangat diharapkan untuk ikut berpartisipasi dalam bulan menanam ini. Menurutnya, kelurahan-kelurahan yang berada disepanjang daerah aliran sungai sangat diharapkan untuk berperan serta nenanam pohon penghijauan itu disepanjang DAS. 
 Dafrul juga mengajak komunitas-komunitas pencinta lingkungan dan sungai untuk selalu berinovasi dalam pemeliharaan lingkungan. Agar sungai Batang Agam selalu terpelihara airnya. Jangan membuang sampah atau sampah sejenisnya ke dalam sungai.
Sementara, Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi meminta Dinas LH dan Dinas PUPR dan Balai Wilayah Sungai Sumatera V, avar bersinergi dalam memelihara dan merawat seluruh fasilitas yang ada disepanjang normalisasi Sungai Batang Agam.
Walikota juga mengingatkan OPD terkait, seperti Disparpora, untuk memusatkan seluruh iven-iven yang melibatkan massa yang banyak, agar dipusatkan di Sungai Batang Agam ini. Disparpora diminta untuk mengagendakan kegiatan gerak jalan sehat, sepeda santai dan senam aerobic di DAS Batang Agam.

Sejalan dengan pembangunan infrastruktur di DAS Batang Agam ini, pihak DLH dan Dinas PUPR juga telah membentuk sejumlah komunitas lainnya, seperti komunitas skateboard, komunitas olahraga panahan, arung jeram, komunitas reptil dan tanaman hias. 

#Ryan #(jeka)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Hari Menanam 2019 di Payakumbuh DATANGKAN DUTA LINGKUNGAN DLH TANAM DAN SEBARKAN 10.000 BIBIT POHON Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana