Musim Hujan, Wali Kota Riza Falepi Himbau Warga Tertib Buang Sampah

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) - Sejak beberapa pekan terakhir, Kota Payakumbuh menghadapi cuaca ekstrim, kondisi yang melanda Kota Payakumbuh ini terlihat pada Minggu (26/1) malam, belasan rumah warga di Kelurahan Bulakan Balai Kandi, Koto Nan Ampek, tergenang air akibat hujan deras yang berlangsung sejak sore.

Selain disebabakan oleh hujan yang cukup lama, genangan air juga dipicu oleh tersumbatnya saluran drainase di sepanjang kawasan rumah penduduk akibat sampah. Hasilnya, air setinggi betis orang dewasa itu sempat membuat warga khawatir dan langsung menghubungi damkar Kota Payakumbuh untuk bantuan.

Beberapa jam kemudian setelah pihak damkar dan PUPR Kota Payakumbuh melakukan penyedotan genangan air dan pembersihan kepada sampah yang berakibat banjir di rumah-rumah warga membuat air berangsur-angsur surut secara berlahan.

Wali Kota Riza Falepi, Senin (27/1) menghimbau warga untuk tertib dalam membuang sampah, Riza mengajak agar jangan lagi buang sampah ke selokan dan saluran drainase.

“Nanti banjir, kita juga yang akan menanggungnya, kepada masyarakat tercinta tertiblah buang sampah, artinya tertib waktu dan tertib lokasinya, kalau sudah banjir nanti kita semua juga bakal merasakannya, ini tidak bagus,” kata Riza.

Disamping itu, Riza juga mengajak masyarakat untuk lebih kreatif mengelola sampah plastik dengan baik, karena sampah ini lah yang paling banyak ditemukan sebagai penyebab tersumbatnya selokan dan drainase.

“Kita menerima laporan dari tim quick response damkar dan BPBD, bila ada banjir atau genangan air, pasti penyebabnya sampah yang menumpuk, untuk itu mari kita sama-sama tingkatkan kesadaran dalam mengelola sampah,” pungkasnya. (rls)

#Ryan #E2
Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.