Riza Falepi Terus Tekan Angka Pengangguran, 150 Siswa SMK di Sumbar Direkrut PT Denso Indonesia

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) - Pemerintah Kota Payakumbuh menjadi satu-satunya di Indonesia yang bekerjasama dengan PT. Denso Indonesia. Kerja sama itu bermuara kepada sebanyak 150 orang siswa SMK kelas 3 se Sumatera Barat mengikuti rekrutmen tenaga kerja PT. Denso Indonesia di SMKN 2 Payakumbuh selama dua hari, Kamis dan Jumat, 23-24 Januari 2020.

Kepiawaian wali kota dua periode Riza Falepi dalam menekan angka pengangguran patut diacungi jempol. Pihak PT. Denso Indonesia langsung datang ke Payakumbuh untuk merekrut tenaga kerja siap pakai dengan gaji yang tentunya sudah menjanjikan secara perusahaan ini kelasnya sudah Internasional.

Salah satu buah kerja Riza Falepi menurunkan angka pengangguran di Payakumbuh ini pastinya dilatarbelakangi oleh cara Riza yang terampil menjemput bola, dengan mendatangi perusahaan-perusahaan yang butuh tenaga terampil dengan attitude yang baik.

“Kita mendatangi perusahaan-perusahaan itu untuk mencari tahu dan menemu kenali apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, baru kita menyusun program, dan outcomenya adalah rekruting hari ini,” kata Riza Falepi.

Alhasil, PT. Denso Indonesia yang pabriknya berada di Cikarang ini mau datang ke Payakumbuh hari ini, usaha kerasnya ini diharapkan mampu memberikan kesempatan kerja bagi siswa warga Kota Payakumbuh, bahkan warga Sumbar yang saat ini sedang menjalani proses rekrutmen secara komprehensif itu.

Saat ditanya media kepada Riza bagaimana program Pemko ini kenapa turut bisa menyentuh warga dari luar Kota Payakumbuh, Riza dengan enteng menjawab semuanya tidak ada masalah, selagi kesempatan bekerja itu untuk membantu setiap orang.

“Mereka, anak-anak SMK lainnya di luar Payakumbuh adalah anak-anak terbaik dari sekolahnya yang mendapatkan kesempatan dalam program yang kita jalankan sekarang, kita anggap ini sebagai usaha untuk membantu mereka mendapatkan pekerjaan yang layak dan bagus, ini kita anggap sebagai amal jariyah dan kewajiban kita sebagai pemimpin, kita ada untuk fokus terhadap hal ini,” kata Riza Falepi mantap.

Selain kesempatan rekrutmen tenaga kerja dengan PT. Denso Indonesia, ada lagi program unggulan yang digagas Riza Falepi diantaranya kerjasama pelatihan perhotelan bersama SAHID, dimana siswa dimagangkan dan dipekerjakan di jaringan hotel luar negeri seperti Thailand dan Malaysia, serta ada juga beberapa kerjasama Pemko Payakumbuh dengan balai latihan kerja.

Riza juga memberlakukan peningkatan progress pelayanan pemerintah dengan mempermudah izin di Payakumbuh sehingga perusahaan-perusahaan baru bisa membuka lapangan-lapangan kerja bagi masyarakat.

Muaranya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka pengangguran di Payakumbuh sebelumnya berada di angka 11 persen, dan sekarang sudah turun di angka 4 persen.

“Bahkan, sempat sebelumnya berada di angka 3,7 persen beberapa waktu lalu, sekarang ada kenaikan sedikit menurut data BPS menunjukkan seperti itu,” kata Riza Falepi, Kamis (23/1).

Menanggapi hal ini, Kepala Cabang Dinas Pemdidikan Provinsi Wilayah 4 Sumbar Asricun yang hadir dalam perekrutan tenaga kerja di SMKN 2 Payakumbuh itu menyebut kepiawaian seorang wali kota dalam menghadirkan langsung dunia kerja kepada siswa SMK se provinsi untuk direkrut bekerja adalah hal yang sangat luar biasa, menurutnya Riza sudah melakukan hal melebihi kewenangannya sebagai wali kota.

“Kemampuan kepala daerah Payakumbuh untuk memberikan kesempatan bekerja bagi siswa SMK di Sumbar ini merupakan terobosan besar dalam pendidikan di Sumbar, kita melihat ada output yang semakin terang yang akan kita pacu kedepannya di dunia SMK,” ungkapnya.

“Kita berterima kasih kepada Pemko Payakumbuh yang telah memfasilitasi rekrutmen karyawan PT. Denso Indonesia, Payakumbuh telah mendekatkan peluang kerja bagi lulusan SMK terutama Payakumbuh, Lima Puluh Kota dan Sumatera Barat. Kita berharap kepala wali kota selalu mencari terobosan bagaimana peserta didik dekat dengan dunia usaha dan industri,” pungkasnya menambahnya.(rls)

#Ryan #E2
Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.