Piagam Bupati Agam Pembina Dana Desa Terbaik Provinsi Sumbar


Bupati Agam Dr Ir.Indra Catri MSi ketika menerima penghargaan dari Gubernur Prof Dr Irwan Prayitno.

Padang, Rangkiang Nagari.
Gubernur Sumbar Prof. DR. Ir. Irwan Prayitno, Psi., didampingi Wakil Gubernur Drs. Nasrul Abit, MM., Rabu (26/2) pagi secara langsung menyerahkan Piagam Penghargaan kepada enam Bupati/Wako yang berhasil meraih prestasi sebagai Pembina Terbaik Dana Desa 2019.

Keenam kepala daerah itu juara 1-6 adalah Bupati Agam DR. Ir. Indra Catri, Bupati Pasaman Barat Yulianto, SH.,MM., Bupati Solok Gusmal, SE.,MM., Walikota Pariaman DR. Genius Umar, Bupati 50 Kota Ir. Irfendi Arbi, MP., dan Bupati Pasaman Drs. Yusuf Lubis, MM.

Penyerahan Piagam kepada Bupati/Wako Terbaik Pembina Dana Desa 2019 ini diserahkan Gubernur dalam Pembukaan Rakor Bupati/Walikota se Sumbar Tahun 2020, di Hotel Pangeran, Padang.

Menurut Gubernur, adanya Kepala Daerah yang memperoleh gelar terbaik ini membuktikan bahwa ada KDH yang bersungguh- sungguh dalam melakukan pembinaan pengelolaan Dana Desa. “Penilaian pembina terbaik Dana Desa ini bagus untuk diteruskan terutama dalam upaya memelihara semangat sungguh-sungguh mengelola Dana Desa di daerah,” kata Gubernur Irwan Prayitno.


Bupati Agam DR. Ir. Indra Catri yang meraih juara 1 mengaku bersyukur atas prestasi sebagai Pembina Terbaik Pengelola Dana Desa 2019 ini, karena ini merupakan hasil dari kerja keras yang tiada henti dari jajaran Pemkab Agam.

Menurut Indra Catri, inovasi yang dilakukan Agam dalam transparansi Dana Desa sejalan dengan kemajuan teknologi, dimana seluruh aktifitas Dana Desa dilakukan dengan e-planning, e-budgeting dan laporan Siskudes. Bahkan pemilihan Wali Nagari seluruhnya sudah e-voting.

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat Yulianto, SH.,MM mengaku gembira atas penghargaan ini. “Predikat pembina terbaik Dana Desa 2019 ini adalah apresiasi untuk seluruh jajaran Pemda Pasaman Barat, bukan untuk saya,” kata Bupati Yulianto, SH.,MM.

Sedangkan Nagari/Desa Terbaik Pengelola Dana Desa 2019 adalah Juara 1 Nagari Kinali, Kec. Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Juara 2 Nagari Situjuah Batua, Kec. Situjuah Limo Nagari, Kab. 50 Kota, Juara 3 Nagari Jawi Jawi, Kec. Gunung Talang, Kab. Solok.

Penilaian Pembina Terbaik Dana Desa 2019 dan Desa/Nagari Terbaik Pengelola Dana Desa ini adalah kegiatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumbar, yang bekerja sama dengan PWI Sumbar.  Tahun ini tim penilai terdiri dari Drs Rusdi Lubis MSi sebagai ketua, Dr Ir Basril Basyar MM, Jayusdi Effendi, Sawir Pribadi dan Gusfen Khairul dari PWI Sumbar. Tim juga dioerkuat tenaga ahli program desa Khairul, S.Ag MHum yang lebih dikenal dengan Tan Rajo. Kegiatan ini merupakan inovasi Dinas PMD Sumbar dan selalu mendapat pujian dari Kementrian Desa PTT.

Menurut Kepala Dinas PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal, MM., penilaian Transparansi Dana Desa kepada Bupati/Wako serta Nagari/Desa telah mampu mendorong semangat transparansi dalam pengelolaan Dana Desa. Sehingga tujuannya bukan hadiah atau piagam penghargaan, tetapi adalah bagaimana meningkatkan transparansi dengan segala inovasinya.

Dinas PMD Sumbar akan terus melaksanakan Penilaian Transparansi Dana Desa ini dalam tahun 2020 ini. Diharapkan Kabupaten/Kota mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam penilaian. (*.rel.01)

Labels:
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.