Latest News

Tingkatkan Minat Masyarakat Berkunjung ke Perpustakaan, DPK Payakumbuh Gelar Berbagai Lomba

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) - Merangsang masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan daerah serta untuk menumbuhkan minat baca dikalangan pelajar, mahasiswa serta umum, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Payakumbuh gelar berbagai lomba. Lomba yang digelar itu masing-masing menggambar/melukis, lomba bercerita, lomba membaca puisi serta lomba penulisan cerita rakyat yang diperuntukan bagi pelajar, mahasiswa dan umum.

Kadis PK Payakumbuh Prima Yanuarita didampingi Kasi Pembinaan Perpustakaan Efyuniwan, kepada Singgalang, Rabu (11/3), mengatakan, lomba ini akan dilaksanakan pada tanggal 6 Sampai 9 April 2020. Lomba ini bertempat di Kantor DKP Payakumbuh, Kelurahan Bulakan Balai Kandi, Kecamatan Payakumbuh Barat. Kegiatan ini dalam rangka merangsang minat tulis dan baca masyarakat Payakumbuh.

“Lomba ini nantinya akan dibagi dalam dua kategori, yaitu kategori pelajar dan kategori mahasiswa serta umum. Berbeda dengan lomba penulisan pada umumnya, lomba kali ini sedikit unik, dimana artikel langsung dibuat di lokasi acara dengan memakai tulisan tangan pada lembaran kertas doble folio yang telah disediakan oleh panitia. Kegiatan ini sekaligus menjadi sarana publikasi dan sosialisasi minat dan budaya baca, bercerita dan menggambar bagi masyarakat Payakumbuh,” ujarnya.

Menurutnya, pemenang pertama masing-masing lomba akan diberi hadiah trophi, piagam dan tabanas sebesar satu juta dua ratus limapuluh ribu rupiah. “Pemenang nanti dapat tabanas satu juta rupiah sampai satu juta dua ratus limapuluh ribu rupiah. Memang belum begitu besar, tapi jangan dilihat nominalnya. Mungkin baru segitu yang bisa kami anggarkan. Mudah-mudahan tahun depan, kalau antusias pesertanya tinggi bisa lebih banyak kita anggarkan. Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi kegiatan tahunan di dinas kami ini,” tambahnya.

Dikatakan, pihak DKP sangat berharap peserta yang ikut dalam lomba-lomba yang digelar ini bisa banyak. Sehingga program-program yang menyangkut dengan kepustakaan dan literasi di Payakumbuh bisa sampai ke akar rumput. “Kami sangat berharap peserta lomba ini membludak. Sehingga program-program yang telah direncanakan oleh DPK bisa sampai ke masyarakat. Terkait dengan lomba, kalau ada pertanyaan langsung bisa menghubungi Efyuniwan pada nomor kontak 082388470109 atau Ipil Susanti pada nomor 081275874242,” katanya. (rls)

#Ryan #E2
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Tingkatkan Minat Masyarakat Berkunjung ke Perpustakaan, DPK Payakumbuh Gelar Berbagai Lomba Rating: 5 Reviewed By: Umarzam