Seorang Bapak Pingsan di Pasar Ibuh, Petugas Medis Datang dengan APD Lengkap

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) - Warga Pasar Ibuh di Payakumbuh gempar disaat tiba-tiba seorang bapak-bapak jatuh pingsan, Rabu (22/4) menjelang siang. Sontak di tengah wabah Virus Corona, melihat ada yang pingsan tiba-tiba, warga tidak ada yang mau mendekat dan langsung menghubungi nomor darurat Tanggap Covid Kota Payakumbuh.

Tak beberapa lama petugas medis datang dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD) lengkap untuk berjaga-jaga sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), kemudian bapak tersebut dibawa ke Puskesmas Ibuh.

Setelah diperiksa oleh petugas, ternyata bapak ini cuma kelelahan saat belanja di pasar bersama istrinya, karena usia bapak tersebut sudah diatas 55 tahun.

Hal ini dikatakan dr. Elin Afriwati, Dokter Puskesmas Ibuh sekaligus Ketua Tim Covid-19 Puskesmas Ibuh, dirinya menyebut bapak ini sebelumnya juga memiliki riwayat hipertensi, sehingga rentan kelelahan saat beraktifitas, apalagi di lokasi ramai seperti pasar.

Bapak ini tidak dari perjalanan keluar daerah, dan juga tidak menunjukkan gejala sakit seperti Covid-19, jadi pingsannya karena kelelahan, kata dr. Elin, sebagaimana dilansir semangatnews.com.

Bapak ini bersama istrinya mengaku khilaf sudah tidak mengindahkan himbauan pemerintah meski juga sudah dilarang anaknya belanja ke pasar, mereka masih gigih bersikukuh untuk pergi. Petugas puskesmas pun memberikan edukasi dan pengertian kepada warga tersebut. Saat ini PSBB telah diterapkan, untuk pergi keluar berbelanja kebutuhan sebaiknya diserahkan kepada anak saja.

Orang tua harus tetap di rumah, mereka rentan tertular Virus Corona karena daya tahan tubuhnya lemah, anak-anak harus peduli juga dengan orang tua mereka, Pesan dr.Elin.***


#Ryan #E2
Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.