Latest News

SMPN 26 Padang Bantu Orangtua Siswa


PADANG (RangkiangNagari) – Aksi Peduli Sosial SMP Negeri 26 Padang berakhir, menyusul diserahkannya zakat fitrah kepada orangtua siswa dan masyarakat di sekitar sekolah Senin (18/5/2020), bertempat di sekolah bersangkutan.

Kegiatan yang digagas oleh guru guru SMPN 26 Padang itu telah dimulai semenjak Maret lalu. Hal ini berkaitan dengan Pandemi Covid-19 dan dampaknya terhadap orangtua siswa dan masyarakat yang bermukim di sekitar sekolah.Reflijhon, kepala sekolah yang terletak di Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah, Padang itu mengatakan, dari data sekolah tercatat hampir 70% kondisi sosial ekonomi orangtua siswa dikategorikan menengah ke bawah. Diantaranya para pekerja harian seperti buruh bangunan, tukang ojek, nelayan dan pekerja lepas lainnya. Juga banyak yang anak anak yang single parent di mana ibunya tak bekerja dan bergantung pada keluarga. “Kondisi ini diperparah lagi dengan wabah corona yg melanda kita sehingga kami berupaya untuk meringankan beban orangtua peserta didik kami,” tambah Reflijhon.Menurut Linda Akbar, Waka Darana yg menjadi penanggung jawab aksi mengatakan kegiatan ini dibiayai dari sumbangan para guru dan pegawai yang berjumlah 42 orang, serta partisipasi dari Koperasi Pegawai Negeri (KPN) SMPN 26 Padang. Dalam dua bulan ini mampu mengumpulkan dana hampir Rp20 juta termasuk zakat fitrah.

Dengan terkumpulnya sumbangan dan zakat fitrah dari guru, memang tak semua orang tua siswa yang mendapat sebab jumlah yang semestinya yang patut dibantu demikian banyak. Maka sesuai kriteria yang ditetapkan, Aksi Peduli Sosial ini mampu membantu sekitar 130 keluarga yang berasal dari orangtua siswa dan masyarakat sekitar.

‘Bantuan diberikan dalam bentuk sembako dan uang tunai. Aksi guru guru SMPN 26 Padang ini, tak berhenti sampai di sini, bila habis lebaran nanti kondisi ekonomi belum berubah, kami tetap akan melakukan kegiatan ini lagi.

#Ryan
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: SMPN 26 Padang Bantu Orangtua Siswa Rating: 5 Reviewed By: Umarzam