Latest News

Sudah 13 Warga Agam Positif Covid-19

LUBUK BASUNG (RangkiangNagari) – Wabah Corona virus disease (Covid 19 ) terus bergerak menjangkiti tenaga medis di Kabupaten Agam, bahkan sepanjang Kamis (7/5) kemarin terdapat 5 tenaga medis yang positif terpapar covid 19 itu.

Bupati Agam H.Indra Catri melalui WA kepada Singgalang, Jumat (8/5) menyatakan, awalnya pada kamis siang, ada empat tenaga medis yang bertugas di Puskesmas Baso yang positif terpapar Covid 19. Jumlah itu merupakan hasil swab dari 47 sampel swab petugas puskesmas Baso yang di swab ulang.Sedangkan sorenya ia kembali menerima hasil swab tenaga medis dari Puskesmas Lasi.

“Dengan penambahan itu, sepanjang kamis (7/5) kemarin ada sebanyak lima tenaga medis yang bertugas di Agam yang positif terpapar covid 19 dengan rincian empat orang bertugas di Puskesmas Baso dan satu bertugas di Puskesmas Lasi,” ujar Indra Catri.

Namun dari lima petugas medis yang bekerja di Agam itu dua orang diantaranya tinggal dan ber-KTP Bukittinggi dan tiga lainya tinggal di Agam.

Selain itu ada pula satu tenaga medis warga Agam yang bertugas di RSAM Bukittinggi juga dinyatakan positif terpapar covid 19. Dengan adanya penambahan itu, maka sudah ada sepuluh tenaga medis di Agam yang positif terpapar covid 19.

Para tenaga medis yang terpapar itu merupakan hasil tracking pasien dalam pengawasan (PDP) yang positif atas nama “AG” yang sebelumnya pernah di rawat di Puskesmas Baso.

Pada tacking lavel II ada 71 sampel swab yang di kirim laboratorium Unand untuk di teliti. Hasilnya diperleh 5 orang tenaga medis positif terpapar covid 19. Sedangkam sisanya ada yang negatif dan ada yang perlu dilakukan swab ulang.

Hasil swab ulang itu ternyata ada pula lima petugas medis lainya yang dinyatakan positif covid 19 sehingga total tenaga medis Kabupaten Agam yang telah terkonfirmasi positif covid 19 itu berjumlah 10 orang.

Sedangkan total keselururuhan warga Agam yang telah terkonfirmasi positif itu berjumlah 13 orang, dari jumlah 9 orang tenaga medis

Menyikapi hal itu pemerintah kabupaten Agam bersama tim gugus tugas penanganan Covid 19 Kabupaten Agam bergerak cepat untuk melakukan tracking terhadap orang yang pernah kontak dengan tenaga medis yang positif itu kemufian memgabil lendor tenggorokanya untuk dikirim ke laboratorium Unand.

Selain itu juga dilakukan penyemprotan disindefektan di rumah tenaga medis tetsebut.

Pada kesempatan itu Indra Catri juga menghimbau masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaanya akan ancamam covid 19 itu dengan cara disiplin memakai masker, menjaga jarak dan berdiam diri dirumah jika tidak ada kepentingan mendesak umtuk keluar rumah.

#Ryan
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Sudah 13 Warga Agam Positif Covid-19 Rating: 5 Reviewed By: Umarzam