Bupati Motivasi Petani Percepat Musim Tanam Padi

Pulau Punjung (Rangkiangnagari) - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Paryanto, ikut turun ke sawah  melakukan tanam padi perdana di hamparan sawah Gapoktan Bina Tani Kenagarian Gunung Medan Kecamatan Sitiung, Selasa (23/06/20).

Ada 80 hektar lahan sawah yang akan ditanami Gapoktan Bina Tani, pada musim tanam kali ini.

"Dengan adanya tanam padi perdana ini diharapkan seluruh petani Dharmasraya termotivasi juga untuk melakukan percepatan tanam padi di lahan masing-masing. Percepatan penanaman padi di masa pandemi ini dapat memberikan peluang untuk meningkatkan produksi dan produktifitas mutu hasil terutama padi sawah," kata bupati. 

Senada dengan bupati, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya, Darisman, mengatakan, dalam tahun ini Dharmasraya diberikan tanggungjawab untuk melaksanakan penanaman padi yang disebut Laporan Tambah Tanam (LTT) dengan luasan mencapai 16.255 hektar, dengan indeks pertanaman sebesar 248 hektar.

"Untuk itu diperlukan sinergi antara petani dan penyuluh pertanian di lapangan, supaya kebutuhan beras masyarakat tercapai dan selalu melebihi setiap tahunnya," ujar Darisman. 

Untuk mendukung produksi pertanian, terutama padi sawah ini, sebut Darisman, pemerintah telah memberikan bantuan alat dan mesin pertanian berupa traktor, alat tanam, rice transplanter, combine, thresher dan lainnya sesuai permintaan dan kebutuahan petani.

(rls/tm)
Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.