Latest News

Tiga Bacalon Kepala Daerah di Sumbar Terkonfirmasi Positif Covid-19

PADANG (RangkiangNagari) – Tiga bakal calon peserta Pilkada di Sumatera Barat terkonfirmasi positif covid-19. Setelah dua calon bupati Agam Trinda Farhan (TF) dan Andri Warman (AWR) yang terkonfirmasi positif Covid-19, satu bacabup Limapuluh Kota, MR, juga dinyatakan positif.

AWR dikutip dari Antara menyatakan, ia mendapatkan informasi positif, Senin pagi tadi setelah pihak Rumah Sakit Achmad Muchtar (RSAM) Bukittinggi menghubunginya melalui telepon genggam. Pihak RSAM Bukittinggi kemudian meminta dirinya untuk melakukan isolasi di rumah dan istirahat.Rencananya, mantan anggota DPRD Sumbar itu bakal melakukan tes usap ulang pada Jumat (11/9). Saat ini, AWR mengaku dalam kondisi fisik yang baik dan tidak ada gangguan.Pengambilan sampel tenggorokan AWR dilakukan pada Jumat (4/9). Setelah itu, ia mendaftar ke KPU Agam pada Ahad (6/9) sore dan hasilnya keluar Senin (7/9) pagi.

Sedangkan Trinda yang saat ini menjabat sebagai wakil bupati Agam dikonfirmasi positif berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tim dari Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Seperti halnya AWR, TF pun merupakan orang tanpa gejala.

Trinda mendaftar untuk mengikuti pemilihan bupati ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat pada Minggu sore (6/9).

“Dinas Kesehatan sudah menurunkan tim untuk melacak orang-orang yang pernah kontak dengan Wakil Bupati Agam dan juga bacalon bupati AWR,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam Indra Rusli di Lubukbasung, Agam, Sumatera Barat, Senin (7/9).

Ia mengimbau warga yang melakukan kontak dengan kedua bacalon bupati itu segera memeriksakan diri ke puskesmas dan menjalankan prosedur isolasi mandiri di rumah.

Begitu juga Ketua KPU Agam, Riko Antoni mengaku telah melakukan koordinasi dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 untuk melakukan tes usap bagi seluruh jajaran KPU, Polres, wartawan, dan lainnya. KPU Agam, katanya, telah menerapkan protokoler kesehatan dalam acara penyerahan berkas calon peserta pemilihan bupati dan wakil bupati, termasuk membatasi jumlah orang yang hadir dalam acara.

Acara itu hanya boleh dihadiri oleh pasangan calon, pemimpin partai pengusung, komisioner KPU, petugas Bawaslu, dan petugas terkait lain. Semua yang menghadiri acara juga diwajibkan mencuci tangan dan memakai masker.

Sementara itu, Bacabup Limapuluh Kota, MR mendaftar ke KPU Limapuluh Kota pada Sabtu (5/9). Pemerintah setempat saat ini melakukan tracing dan tracking kepada masyarakat yang kontak dengan bersangkutan.

“Iya, tadi saya sudah menghubungi langsung Bapak Jasman sebagai Juru Bicara Covid-19 Sumbar dan memang benar salah satu bakal calon bupari Limapuluh Kota, yakni MR dinyatakan positif,” kata Juru Bicara Covid-19 Limapuluh Kota, Fery Chofa di Payakumbuh, Senin (7/9/2020).

Ia menambahkan, dari koordinasi dengan pihak dinas kesehatan diputuskan bahwa saat ini sedang dilakukan tracing dan tracking untuk yang kontak dengan pasien positif tersebut.

 

#Ryan

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Tiga Bacalon Kepala Daerah di Sumbar Terkonfirmasi Positif Covid-19 Rating: 5 Reviewed By: Umarzam