Ampiang Dadiah Saiyo Padang Panjang Menggugah Selera

PADANG PANJANG (RangkiangNagari) - Ampiang dadiah. Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Minangkabau ini, makanan yang fenomenal di daerah Sumatera Barat ini banyak diminati oleh masyarakat luas, terutama dari kalangan menengah ke atas.

Dadiah sendiri merupakan susu kerbau murni yang difermentasi dalam kemasan berupa batung atau buluah yang biasa disebut oleh masyarakat Minangkabau.Penyajiannya pun menggiurkan selera, dadiah akan ditambahkan dengan ampiang, kelapa parut, serta manisan yang terbuat dari gula (saka) khas lokal Padang Panjang.Membayangkannya saja sudah membuat air liur keluar, apalagi mencicipi rasanya, sungguh sangat nikmat setelah masuk ke mulut. Peminat dadiah sendiri kebanyakan dari masyarakat menengah ke atas disebabkan harga satu porsi ampiang dadiah dihargai senilai Rp30 ribu.

Meskipun dianggap mahal, tidak menyurutkan peminat yang ingin menikmati seporsi ampiang dadiah. Di  Padang Panjang yang mau mencoba ampiang dadiah ini bisa ditemukan di Bofet Saiyo yang berlokasi di Simpang Jaho Kelurahan Ngalau Kota Padang Panjang, Jalan Lintas menuju Tanah Datar.

Di Bofet Saiyo inilah yang membuat peminat Ampiang Dadiah menjadi favorit yaitu manisannya yang terbuat dari Saka disana sangatlah kental, hal itu dirasakan sendiri oleh Jusuf Kalla yang pernah menyantap ampiang dadiah di Bofet ini. Ia menyebutkan pernah mencoba di beberapa tempat yang menyajikan ampiang dadiah, namun dibofet saiyolah manisannya sangat kental dan nikmat. Hal itu juga sama dikatakan peminat lainnya. 


#Ryan

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.