Di Tengah Pandemi, Gelora Islam Tetap Bergaung Di Payakumbuh Selatan

Payakumbuh (RangkiangNagari) - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXXIX tingkat Kota Payakumbuh tahun 2020 digelar pada 24-25 Oktober 2020 dengan pada pelaksanaannya kali ini Kecamatan Payakumbuh Selatan yang ditunjuk sebagai tuan rumah.

Persiapan pelaksanaan MTQ itu dibahas dalam rapat terakhir di kantor camat bersama Wali Kota diwakili Kabag Kesra Ul Fakhri, Kakankemenag Ramza Husmen didampingi Kasi Bimas Islam Hamdan, Camat Payakumbuh Selatan Junaidi, Ketua KAN Aua Kuniang Bujang M Nur Dt. Paduko Marajo, Ketua KAN Limbukan, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat, dan tim teknis, Jumat (16/10).

MTQ yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Maret lalu terpaksa waktu itu tertunda beberapa kali akibat pandemi Covid-19. Namun keinginan Pemerintah Kota Payakumbuh untuk menggelar MTQ didukung penuh oleh semangat masyarakat Payakumbuh yang menggebu-gebu antusias menanti pelaksanaan iven rutin di Payakumbub itu. Masyarakat Payakumbuh Selatan sendiri sudah terkenal dengan partisipasi tingginya dari setiap iven yang ada di Kota Randang itu.

“Kita menjawab desakan masyarakat agar pelaksanaan MTQ tahun ini tetap dilaksanakan, asalkan bisa mematuhi protokol kesehatan, sesuai Perda Nomor 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB),” kata Kabag Kesra Ul Fakhri.

Pusat pelaksanaan MTQ ke 39 tahun ini berada di Gedung Serba Guna Nagari Aua Kuniang. Ada 12 cabang lomba yang gelarannya dilaksanakan di 6 Kelurahan. Beberapa lokasi cabang MTQ digelar di mesjid, aula perkantoran, dan sekolah di Payakumbuh Selatan yang memungkinkan dapat dikontrol penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya.

“Tidak ada lomba dilaksanakan secara terbuka di lapangan, di dalam pelaksanaan acara, yang hanya boleh di dalam mesjid peserta, dewan juri, dan panitia. Jadi tamu diatur masuk ke dalam acara, wajib bermasker,” ujarnya.

Sementara itu Camat Payakumbuh Selatan Junaidi mengatakan persiapan telah finish, tim teknis dan panitia akan melaksanakan gotong royong untuk mempersiapkan lokasi acara. Mulai dari mempersiapkan tempat cuci tangan, dan mengatur jarak antar orang yang akan berada di lokasi acara.

“Kita cukup prihatin MTQ ditengah badai pandemi. Semoga pelaksanaannya sukses dan tetap mengikuti protokol kesehatan,” kata Camat.

 

#Ryan

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.