Latest News

Dies Natalis ke-57 Digelar: Fak.Peternakan Membanggakan, Beragam Prestasi Internasional Diraih

Padang (Rangkiangnagari) - Gubernur Sumatera Barat Prof Dr Irwan Prayitno mengakui bahwa peranan Fakultas Peternakan dalam menunjang dan mendorong pembangunan daerah Sumbar sangat besar dan membanggakan.

Hal itu disampaikan Irwan Prayitno dalam sambutan virtualnya pada peringatan Dies Natalis Fak.Peternakan-57 yang berlangsung secara off line  di Covention Hall dan virtual Jumat pagi. 

Diakui gubernur cukup banyak alumni Faterna yang berkiprah dan mengabdi di jajaran Pemprov maupun kabupaten dan kota di Sumbar. Selain itu gubernur juga menyaksikan tampilan alumni yang begitu banyak berhasil dan berkiprah secara nasional dan internasional. Bahkan juga ada di Vietnam dan Manila.

Khusus di jajaran Pemda gubernur mengatakan beberapa orang diantara alumni telah diberikan kepercayaan untuk menduduki posisi yang sangat strategis dan penting, lanjut gubernur.

Oleh sebab itu gubernur meminta agar prestasi tersebut terus dipertahankan dan ditingkatkan dimasa datang.

Puncak Peringatan Dies Natalis  Fakultas Peternakan ke-57 ditandai dengan Rapat Senat Terbuka Fakultas. Dalam acara ini menyampaikan orasi ilmiah Dr Kusnadi Subekti SPt MP tentang Toleransi Panas terhadap Itik Lokal.

Dalam orasinya, Kusnadi menyebut berbagai ragam itik lokal yang potensial untuk dikembangkan dalam rangka berkontribusi memenuhi protein hewani di Sumbar dan nasional.

Dekan Fakultas Peternakan Dr Ir.Adrizal.MS menyampaikan kiprah akademik Fakultas yang telah menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan nasional dan internasional. Begitupun dengan dunia usaha multi nasional dan manca negara, Japfa dan Charoen Phokpan contohnya.

Adrizal juga menyampaikan pertukaran mahasiswa untuk mengambil kredit learning di perguruan tinggi nasional dan internasional. Beragam seminar dalam rangka Dies seperti seminar Perunggasan,  Sapi dan kerbau, digelar, kata ketua Panitia Dr Arfai MS.Termasuk Pengabfian Masyarakat.

Sementara Rektor Universitas Andalas diwakili Wakil Rektor I Prof Dr Mansyurdin memberikan apresiasi terhadap Fakultas Peternakan yang telah memberikan kontribusi akademik yang begitu besar terhadap Unand. Wakil Rektor menyebut sumber daya dosen yang begitu kuat, jumlahnya guru besar 21 orang nomor dua tertinggi di Unand, sesudah Fak.Pertanian, begitu pula jumlah dosen pada level S.3 sudah melebihi 50 %. Jumlah itu sangat membanggakan dan mengangkat prestasi Unand, lanjutnya.

Pada acara Dies -57 ditayangkan juga alumni berprestasi dengan berbagai testimoni. Ada  Agustina Musa Phd, MSc bekerja di kantor Pusat ADB di Philipina, Ardhi Surya Dinata di Japfa internasional di Vietnam dan banyak tokoh lainnya, termasuk Havizal Rahman yang sukses menjadi pimpinan puncak di PT Askrida di Jakarta.

Peringatan Dies ditandai dengan dosen, tenaga penfidikan dan mahasiswa berprestasi tahun ini.Dr. Indry Juliasri, SPt, MSi, (dosen)Yeni Marlina,(tendik) Daviq Naskar (mhs).

(bb.01).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Dies Natalis ke-57 Digelar: Fak.Peternakan Membanggakan, Beragam Prestasi Internasional Diraih Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana