Dosen Penyuluhan dan Komunikasi Pasca Laksanakan Pengabdian Aquaponik

Padang (Rangkiangnagari) - Para dosen Program Studi Magister Ilmu Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan Pasca Sarjanan Unand melaksanakan Pengabdian kepada masyarakat di Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan di Kelurahan Pasie nan Tigo Koto Tangah Padang kemaren pagi.

Topik yang diangkat pada acara pengabdian ini adalah " Pemanfaatan Medsos dalam Mendukung Komunikasi Inovasi Aquaponik di Masa Covid."

Ketua Prodi Ilmu Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan Dr Herry Bachrizal Tanjung mengatakan pengabdian yang dilaksanakan hari ini merupakan bahagian dari tugas dosen seperti dituntut di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Para dosen, selain diwajibkan mengajar dan melaksanakan penelitian, staf pengajar juga wajib melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, katanya.

Sedangkan Ketua tim pengabdian Dr Yenni Oktavia mengatakan bahwa materi yang diangkat di dalam pengabdian ini terkait pemanfaatan tanaman aquaponik yang dapat memberikan nilai tambah dalam kehidupan masyarakat. 

Tanaman sayuran aquaponik dipadukan dengan ikan lele bisa hidup secara simbiose mutualis, saling menguntungkan. Katanya.Tim bekerjasama dengan Pusat Pelatihan mempergakan teknik-teknik pengelolaannya.

Hampir 20 contoh percobaan diperagakan dan masing-masing mendapat kesempatan untuk mengawasi dan memanfaatkannya di rumah. Nanti akan dilaporkan bagaimana kondisi dan kemajuannya.

Kegiatan pengabdian berlangsung dari pagi hingga siang. Sebelumnya  Kepala Pusat Pelatihan Irwandi SP.MM menjelaskan mengenai kegiatan-kegiatan yang pernah ia lakukan termasuk bentuk dan materi pelatihan.

Tim Pengabdian terdiri dari Dr Herry Bachrizal Tanjung, Dr Yenni Oktavia, Prof Dr Rahmat Syani, Dr Rusda Khairati, Dr Basril Basyar, Dr Jafrinur, Dr Sriwahyuni, Dr Rony Pozla dan dibantu tenaga akademik Pasca Sarjana Unand.(Rel.bb).

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.