Latest News

KPU TETAPKAN DPT PEMILU DHARMASRAYA 2020

Dharmasraya (Rangkiangnagari) - Melalui rapat pleno terbukha rekapitulasi daftar pemili sementara hasil perbaikan (DPSHP) dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati  Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya mengesahkan DPT sebanyak 145.383 pemilih.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Dharmasraya Maradis, Kamis (15/10 /2020) di Pulau Punjung. Menurut Maradis, jumlah tersebut didapat dari 52 Nagari, 530 TPS, jumlah DPT laki-laki sebanyak 72.743 dan perempuan sebanyak 72.640, sehingga totalnya berjumlah 145.383 pemilih tetap.

“Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Dharmasraya Tahun 2020 sudah kita sahkan melalui rapat pleno terbuka dengan jumlah DPT sebanyak 145.383” jelas Maradis. 

Disamping itu, lebih rinci ketua KPU sebutkan perubahan dari DPS ke DPT. "Jumlah pemili yang tidak memenuhi sarat termasuk yang sudah meninggal sebanyak 621, terdiri dari 369 laki-laki dan 252 perempuan" ungkapnya. 

Setelah dilaksanakan rekapitulasi DPSHP hasil perbaikan,  jumlah pemilih baru bertambah sebanyak 1.275 pemilih, dengan rincian laki-laki berjumlah 739 pemilih dan perempuan 536 pemilih.

"Jumlah tersebut termasuk DPT anak suku dalam sebanyak 18 pemili yang sudah memiliki KTP Elektronik, berada di Nagari Banai kecamatan Sembilan Koto" sebut Maradis. 

Sementara itu Maradis menuturkan, sesuai dengan tahapan pemilu, setelah DPS ditetapkan dan diumumkan serta uji publik beberapa waktu lalu. “Alhamdulillah bisa kita tetapkan DPT yang akan kita pakai di pemilu 2020 ini,” ujarnya

“Kami sangat berharap masyarakat, parpol, tim sukses pasangan calon benar-benar mengikuti, memantau, mengamati tahapan kegiatan yang sedang berlangsung, hingga akhirnya pada tanggal 9 Desember 2020 datang ke TPS,” ujarnya.

Hadir dalam rapat Plano yang dipimpin Ketua KPU Maradis, seluruh Komisioner KPU selain jajaran KPU juga hadir tim dari perwakilan kedua pasangan calon, perwakilan Plt Bupati, Dandim 0310/SSD, Letkol Inf Endik Hendra Sandi, jajaran Polres, anggota Bawaslu, Disdukcapil, dan Perwakilan Lapas kelas III Dharmasraya.(tm)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: KPU TETAPKAN DPT PEMILU DHARMASRAYA 2020 Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana