Jaga Sungai Dari Sampah, Dinas Lingkungan Hidup Laksanakan Goro

Payakumbuh (RangkiangNagari) - Kepedulian terhadap sungai merupakan tanggung jawab yang harus dijaga dan dilakukan secara bersama-sama tanpa terkecuali. Pasalnya, tanpa keberadaan sungai yang bersih dan aliran air yang lancar, tentu suatu ketika sungai bisa terjadi bencana seperti banjir dan hal-hal negatif lainnya.

Apalagi di situasi saat ini, dimana cuaca sudah memasuki musim penghujan, sehingga banyak membuat sampah yang hanyut ke sungai. Dan dalam menindaklanjuti hal tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (LH) laksanakan gotong royong untuk membersihkan sampah disepanjang aliran sungai batang agam, Kamis (26/11).

Kegiatan bersih-bersih yang dimulai di RTH Ratapan Ibu sampai ujung aliran sungai batang agam tersebut Dinas LH turut didukung Camat Payakumbuh Utara dan Timur, Lurah Kotokaciak Kubu Tapak Rajo, Balai Tongah Koto, Koto Baru Payobasuang, dan dari Tim Komunitas Pecinta Sungai (Kompas), serta Mahasiswa STKIP Abdi Pendidikan kota Payakumbuh.

Sekretaris Daerah yang diwakili Asisten 2 bidang ekonomi dan pembangunan Elzadaswarman dalam membuka acara goro itu menyampaikan jika Sungai memiliki peran penting sebagai sumber kehidupan bagi makhluk hidup di sekitarnya.

“Banyak manfaat sungai yang kita ketahui untuk kepentingan manusia antara lain untuk pembangkit tenaga listrik, untuk mengairi sawah, untuk pariwisata dan untuk tempat hidup binatang seperti ikan,buaya dll. Itu membuktikan bahwa air memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia”, ucap Asisten 2 itu.

Kota Payakumbuh secara garis besar memiliki 7 sungai, yang terdiri dari Sungai Batang Agam, Sungai Batang Lampasi, Batang Pulau, Batang Sikali, Batang Baih, Sungai Tembok Jua dan Sungai Talang. Tercemarnya suatu sungai dapat diidentifikasi dengan Indeks Kualitas Air (IKA).

“Saat ini IKA Kota Payakumbuh mengalami penurunan dari tahun 2019 yakni sebesar 70,83 menjadi 65 di tahun 2020. Hal ini menandakan adanya penurunan kualitas air sungai yang ada di Kota Payakumbuh”, ungkap Om Zed sapaan akrab Asisten 2 tersebut.

Lebih lanjut, menurut Asisten 2 itu kegiatan goro dalam rangka membersihkan aliran sungai batang agam tersebut sangatlah penting.

“Semoga dengan Pelaksanaan Goro Bersama yang kita laksanakan ini dapat menjadi momentum bagi kita semua untuk selalu meningkatkan kepedulian dan peran serta kita dalam menjaga kualitas air sungai di Kota Payakumbuh. Sehingga manfaat dari keberadaan sungai ini datap terus dirasakan oleh anak hingga cucu kita kelak”, tutup om Zed.

Setelah dibuka oleh Asisten 2, Dinas LH bersama undangan dan tim lain turun langsung ke sungai untuk membersihkan sampah yang terdapat di sepanjang aliran sungai batang agam tersebut.

 

#Ryan

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.