Sosok Harimau Kejutkan Warga Danau Kembar Solok

AROSUKA (RangkiangNagari) –  Kemunculan sosok harimau Sumatera pada Rabu (2/12), kejutkan warga Nagari Simpang Tanjuang Nan Ampek, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok.

Informasi yang diterima dari  Camat Danau Kembar, Eka Putra, kemunculan harimau Sumatera itu ada sebanyak  empat kali di dua lokasi berbeda.Awal kemunculan harimau diketahui Rabu dinihari. “Inyiak Balang” itu muncul di Kawasan lurah Ingo Nagari Simpang Tanjuang Nan Ampek.“Informasi masyarakat, tadi pagi muncul di daerah jorong Lurah Ingo, harimau memangsa anjing milik warga,” kata Eka Putra, Rabu (2/12) malam.

Usai menyantap anjing warga, harimau beertubuh besar itu tidur ditepi jalan, dekat dengan rumah warga. Bahkan sempat disenter warga, harimau malah makin mendekat.

Usai berkoordinasi dengan BKSDA dan Pemda, pihak Camat dan Polsek turun ke lokasi untuk melakukan pengusiran harimau agar kembali ke habitatnya.

“Sempat dilakukan letusan sebanyak empat kali yang dipimpin langsung Kapolsek Danau Kembar, dan harimau menghindar menjauhi pemukiman,” paparnya.

Berselang setengah jam, warga di kawasan Rawang Gadang juga dikejutkan dengan kemunculan binatang buas itu. Sosok Harimau dilaporkan tidur dekat kawasan parkir kendaraan masyarakat yang berladang.

Mendapat kabar itu, petugas dan masyarakat mencoba mengusir harimau dengan menggunakan mobil. Suara mobil membuat harimau kabur. Tapi si raja hutan tersebut malah masuk ke kawasan Lanyah, daerah antara Lurah Ingo dan Rawang Gadang.

Untuk mengantisipasi gangguan harimau yang berkeliaran itu, Kapolsek dan jajaran Camat langsung menuju kawasan Lanyah. Di lokasi itu, dilakukan letusan tiga kali untuk mengusir harimau.

Pada sore harinya, harimau yang sempat muncul di Rawang Gadang kembali keluar ke kawasan pemukiman warga. Dan kembali menghilang dalam semak.

“Kemungkinan besar, harimaunya dua ekor, tapi pastinya nanti oleh BKSDA,” lanjutnya.

Teror harimau belum berhenti, siap magrib tadi, harimau yang muncul di kawasan Lurah Ingo, kembali memangsa ayam milik warga.

Sejauh ini, pihak BKSDA dan Polsek serta masyarakat masih melakukan upaya pengusiran terhadap harimau tersebut.

Pihaknya meminta masyarakat untuk waspada dan tetap berhati-hati hingga harimau tersebut dipastikan kembali ke habitatnya atau ditangkap oleh pihak berwenang. 


#Ryan

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.