Latest News

Warga Solok Sebut Banjir Terbesar Ini Seperti Siklus 10 Tahun Sekali

AROSUKA (RangkiangNagari) – Luapan air sungai Batang Lembang tidak hanya merendam rumah masyarakat, lahan persawahan, bahkan sejumlah fasilitas umum seperti sekolah ikut lumpuh.

” Banyak sekolah yang terendam. Genangan air yang tinggi terjadi SMP Salayo, SMA Negeri 1 Kubung dan SD Rawang Sari, ” sebut Riko, warga setempat.Menurutnya, Saban tahun ketika musim hujan sungai Batang Lembang sudah biasa meluap. Salayo bahkan Kotobaru merupakan nagari langganan banjir. Namun banjir pada awal tahun 2021 ini sangat besar“Ini seperti siklus banjir 10 tahun sekali. Luapan air bahkan melintas ke jalan lintas Solok-Padang di kawasan pasar Salayo. Jarang terjadi banjir sebesar ini,” ujarnya.

Hingga pukul 07.00 WIB pagi, air masih menggenangi ratusan rumah warga. Meski volume air tampak kecenderungan menurun, namun belum bisa dikatakan aman. Sementara warga juga membutuhkan makanan karena tidak bisa melakukan aktivitas.

” Sampai jam 08.00 pagi ini, kita bersama tim relawan masih menyisir rumah rumah penduduk yang tergenang air. Ada sekitar 800-an rumah direndam luapan batang Lembang,” kata Kepala Jorong Galanggang Tangah.

 

#Ryan

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Warga Solok Sebut Banjir Terbesar Ini Seperti Siklus 10 Tahun Sekali Rating: 5 Reviewed By: Umarzam