Latest News

Dukung Sekolah Tatap Muka, BPBD Sumbar Lanjutkan Program Sejuta Masker

PADANG (RangkiangNagari) – Program sejuta masker yang telah dicanangkan Pemprov Sumbar sejak tahun 2020, terus berlanjut hingga tahun ini. Kali ini Pemprov Sumbar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar menyasar sekolah-sekolah untuk menyebarkan masker gratis.

Kepala Pelaksana BPBD Sumbar, Erman Rahman mengatakan, masker gratis akan terus dibagikan selama masih mewabahnya pandemi Covid-19 ini. Tidak hanya kepada masyararakat masker juga dibagikan ke sekolah-sekolah yang telah melakukan aktivitas proses belajar mengajar (PBM) tatap muka.

“BPBD terus membagikan masker kepada masyarakat. Termasuk juga ke sekolah-sekolah. Kami memang memprioritaskan pembagian masker ini sebagai bagian mengajak masyarakat menerapkan protokol kesehatan. Dengan itu maka proses belajar tatap muka juga dapat berjalan dengan baik,” ucapnya.

Untuk membagikan masker ini ke tengah masyarakat dan sekolah-sekolah, BPBD Provinsi Sumbar menurut Erman mengerahkan tiga tim regu. “Pada hari pertama tim bergerak ke arah Kabupaten Pesisir Selatan. Juga ada tim menyisir wilayah Kota Padangpanjang, Kota Bukittinggi dan Kabupaten Tanah Datar, Padangpariaman dan Dharmasraya, ” ujarnya.Seperti di Kabupaten Tanah Datar. Beberapa waktu lalu, Tim BPBD Provinsi Sumbar membagikan sebanyak 2.500 masker kepada SMKN 1 Batipuah, dan diterima langsung Kepala SMKN 1 Batipuah, Budi Dharmawan.

Budi Dharmawan mengatakan, pihaknya sangat bersyukur atas bantuan masker yang diberikan BPBD Provinsi Sumbar. Masker ini sangat penting bagi siswa yang sudah belajar tatap muka. Karena untuk PBM tatap muka ini protokol kesehatan dilaksanakan secara ketat. Sebelumnya, BPBD Provinsi Sumbar juga memberikan sebanyak 1.600 masker kepada SMAN 1 Simabua, Kabupaten Tanah Datar.Sementara, Ketua Tim Pendistribusian Masker untuk wilayah Kota Padangpanjang, Evatrisna menjelaskan, dalam program Sejuta Masker ini, pihaknya telah mendistribusikan sebanyak 40 ribu masker untuk wilayah Kota Padangpanjang. Pendistribusian masker pada para pelajar setingkat sekolah menengah dan diserahkan langsung kepada pihak sekolah masing-masing.

Pendistribusian masker kesekolah yang telah didatangi BPBD Sumbar diantaranya, SMAN2 Padang Panjang sebanyak 2.300 helai yang diterima langsung oleh Wakil Kepada Sekolah Sofyan.Makser yang didistribusikan ke sekolah di Kota Padangpanjang terdiri dari, SMAN 1 Sumbar sebanyak 1.100 masker, yang diterima langsung oleh Kepala SMAN 1 Sumbar, Budi Hermawan, SMA 1 Padangpanjang sebanyak 2.100 masker, SMK N 2 Padang Panjang sebanyak 1.900 ,asker, SMKS Cendana sebanyak 1.000 makser dan SMAN 3 Padang Panjang sebanyak 1.900 masker.

BPBD Provinsi Sumbar juga mendistribusikan masker pada pihak BPBD Kota Padangpanjang dengan total masker yang diserhahkan sebanyak 29.700 masker.

Pembagian masker kesekolah-sekolah tersebut bagian dari bentuk kepedulian pemerintah terhadap kesehatan para pelajar. “Dalam pelaksanaan pendistribusian ini, kami didampingi oleh BPBD Kota Padangpanjang,” jelas Eva.

Sementara, Kalaksa BPBD Bukittinggi, Ibentaro Samudra, menyebutkan, data dari BPBD Kota Bukittinggi, SMA yang menerima masker di antaranya SMA Negeri 1, SMA N 2, SMA N 3, SMA N 4, SMA N 5, SMK N 1, SMK N 2, MAN 1 dan MAN 2. “Bantuan masker ini diharapkan dapat menunjang proses pembelajaran di tengah pandemi Covid-19,” harapnya.

 

#Ryan

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Dukung Sekolah Tatap Muka, BPBD Sumbar Lanjutkan Program Sejuta Masker Rating: 5 Reviewed By: Umarzam