Gerak Cepat Pemko Payakumbuh Atasi Pohon Beringin Besar Tumbang Melintang Ke Jalan

Payakumbuh (RangkiangNagari) - Karena akarnya sudah rapuh, pohon beringin di Jalan Sutan Syahrir Kelurahan Tanjung Pauh pada pukul 8.10, Senin (22/3) pagi tumbang. Tak ada angin, cuaca pun cukup cerah, namun karena faktor usia pohon yang tumbuh di lahan salah satu warga itu akhirnya tumbang dan melintang ke jalan.

Sekretaris Camat Payakumbuh Barat Zailendra kepada media menyampaikan kejadian itu terjadi saat setelah melaksanakan apel pagi. ASN di kantor camat dikagetkan dengan tumbangnya pohon beringin besar dan menimpa tonggak listrik.

“Sempat membuat kaget ASN di kantor camat, tapi syukurnya saat itu kondisi jalan sedang sepi, sehingga tidak ada korban jiwa, lalu lintas terpaksa dialihkan,” kata Zailendra.

Sekcam Zailendra lalu melaporkan kejadian itu kepada pimpinan Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda, dan informasi itu diteruskan ke instansi terkait melalui grup WA TRC Payakumbuh.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, dan PLN berjibaku melakukan penanganan kepada pohon tumbang tersebut selama 3 jam lebih. Hingga pukul 11.30, akhirnya jalan sudah bisa dilalui kendaraan.

Sekcam menyampaikan gerak cepat dan koordinasi antar instansi di Payakumbuh dalam melakukan penanganan kepada pohon tersebut patut diacungi jempol. Karena jalan ini adalah jalan penghubung antara Ibuh dengan Pakan Sinayan, akses kendaraan cukup banyak di hari biasa.

Sementara itu, Plt. Kepala BPBD Agus Rubiono melalui Kabid Rehab Rekon An Denitral didampingi Kasi Trantib Abdallah Razik Rahman mengatakan alat-alat penanganan seperti gergaji mesin dan mobil crane dikerahkan untuk mengeksekusi pohon tersebut.

“Sebelum dilakukan penanganan, pihak BPBD berkoordinasi dengan PLN untuk mematikan listrik di area sekitar sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada,” ujarnya.

Pemko menghimbau kepada masyarakat yang memiliki pohon besar tumbuh di lahan mereka agar melakukan pemangkasan rutin demi mencegah kejadian serupa terulang. Jangan sampai merugikan diri sendiri, tetangga, maupun orang lain. 


#Ryan

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.