Kunjungi Kota Payakumbuh, Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Selatan Pelajari MPP Yang Ada Di Payakumbuh

Payakumbuh (RangkiangNagari) - Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Selatan beserta rombongan mengunjungi Kota Payakumbuh untuk bersilaturahmi dan melakukan peninjauan guna mempelajari dan mempedomani Mal Pelayanan Publik (MPP) yang ada di Kota Payakumbuh, Kamis(4/3/21).

Kedatangan Sekretaris Daerah Solok Selatan disambut hangat oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Payakumbuh Harmayunis dan mengajak berkeliling MPP Kota Payakumbuh guna melihat secara langsung bagaimana sistem pelayanan yang dilaksanakan di MPP.

Harmayunis menyebut pelayanan di MPP Payakumbuh bisa maksimal karena seluruh sarana dan prasarana untuk instansi vertikal sudah disiapkan, seperti komputer, printer, alat cetak, serta jaringan internet memadai, dan yang tak kalah penting adalah penyediaan listrik yang tak pernah mati.

“Ini (MPP) terobosan kita dalam mempersingkat birokrasi, bagaimana mempermudah warga agar urusannya dengan pemerintah semakin mudah dan cepat dimana sebanyak 167 instansi pelayanan berada lengkap dalam satu atap. Bahkan, di sini pelayanan yang paling disukai itu Disdukcapil, Samsat, Imigrasi dan lain-lain sudah lengkap berada disini agar masyarakat terbantu tanpa harus berpindah tempat serta pelayanan yang diterima oleh masyarakat relatif cepat hanya sekitar 5-10 menit,” ujar Harmayunis.

Harmayunis mengatakan, MPP dijalankan sesuai dengan kebijakan kepala daerah dengan tujuan akhir kebahagian masyarakat yang terlayani dengan baik.

“Intinya, kita meningkatkan empati dan rasa kekeluargaan sesama penyelenggara publik di MPP Payakumbuh , dimana warga kita bahagia dilayani oleh lembaga pelayanan publik, instansi penyelenggara juga senang kita fasilitasi dalam menghadirkan layanannya disini,” katanya.

Ditambahkan Harmayunis, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sekda Kabupaten Solok Selatan dan jajaran yang telah datang dan berkunjung ke MPP Payakumbuh.

“Semoga dari tinjauan yang dilakukan dapat memberi masukan bagi Pemkab Solok Selatan yang akan membangun serta mengoperasikan MPP serupa. Mudah-mudahan kedepan apa yang diinginkan Pemkab Solok Selatan bisa cepat terealisasi, ” ungkap Harmayunis.

Sekda Kabupaten Solok Selatan Dony Rahmat Samulo mengatakan sebagai bagian dari semangat kepemerintahan pasangan bupati terpilih Khairunas dan Yulianevi, Bahwa beliau berkeinginan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik diantaranya adalah agar reformasi birokrasi bisa dilakukan di Solok Selatan dengan baik. Dari beberapa item yang diharapkan salah satunya adalah bagaimana peningkatan pelayanan publik di Solok Selatan.

“Terkait dengan lahirnya Permenpan nomor 23 tahun 2017 tentang adanya Mal Pelayanan Publik, Kami berharap adanya Mal Pelayanan Publik di Solok Selatan.  Untuk itulah kami mencoba melihat, belajar dan mengetahui apa-apa yang bisa kami contoh disini agar kami juga dapat membangun MPP di Solok Selatan,”ujar Dony.

Ditambahkan Dony, Pihaknya sangat kagum dengan MPP yang ada di Payakumbuh karena seluruh instansi yang melakukan pelayanan sangat tertata dengan rapi dan memiliki sarana dan prasarana yang sangat bagus.

“Wah, ini sangat luar biasa serasa di Jakarta. Kami yakin nantinya dapat membangun juga mall pelayanan publik di Solok Selatan meski masih dengan skala yang lebih kecil dibandingkan dengan kota Payakumbuh,” ujarnya.

Ditambahkan Dony, Selain mempelajari tentang MPP,  pihaknya juga ingin melihat perkembangan UMKM di Kota Payakumbuh. Dimana kami mengetahui dulu Kota Payakumbuh adalah Kota batiah namun sekarang sudah di Rebranding menjadi Kota Randang atau yang lebih dikenal dengan Payakumbuh The City Of Randang.

“Ada transformasi itu artinya kota Payakumbuh berhasil untuk meningkatkan peran UMKM nya serta meningkatkan ekonomi masyarakat kota Payakumbuh,” pungkas Dony.

 

#Ryan

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.