Museum Kereta Api Sawahlunto Akan Tambah Koleksi Lokomotif

Sawahlunto (RangkiangNagari) – Museum Kereta Api Sawahlunto akan dapat tambahan koleksi Lokomotif selain dari Mak Itam dari PT Kereta Api Indonesia.“Kami punya rencana menambah koleksi kereta api selain Mak Itam,” kata Kepala PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Divisi Regional II Sumbar Miming Kuncoro kepada Singgalang, Senin (29/3).

Dikatakan, koleksi untuk museum kereta api masih dalam kajian teknis, lokomotif uap atau kereta diesel. Semua sama punya nilai plus dan minus.“Menurut kami, untuk menjaga aset (kereta api-red) harus dijalankan. Kalau nggak dijalankan repot nanti,” ujar Kuncoro.

Sementara itu, Walikota Sawahlunto, Deri Asta mengatakan, sudah membicarakan dengan Kepala PT KAI Divisi Regional II Sumatra Barat Miming Kuncoro tentang rencana menambah koleksi Museum Kereta Api.“Kita sudah menyampaikan harapan, tambahan koleksi untuk Museum Kereta Api Sawahlunto, lokomotif uap dan gerbong,” sebut Deri.

Berkaitan perbaikan jalur rel, ungkap Walikota Deri, tahun ini Kementerian Perhubungan sudah mulai melakukan prosesnya. Dimulai dari Sawahlunto-Muarokalaban dan bertahap sampai ke Padang Panjang. Nantinya diharapkan beroperasi sebagai kereta api reguler.

 

#Ryan

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.