Latest News

Protokol Kesehatan Diabaikan, Pacu Jawi Dihentikan

BATUSANGKAR (RangkiangNagari) – Pelaksanaan pra alek Pacu Jawi di Nagari Cubadak, Kecamatan Lima Kaum, Tanah Datar berakhir. Hal ini akibat dicabutnya izin kegiatan iven tersebut oleh Dinas Parpora Tanah Datar.

Direncanakan kemarin digelar lanjutan pra alek ketiga. Hanya saja sesuai kesepakatan dinas, Satgas Covid-19 bersama panitia bila Prokes tidak ditegakkan maka kegiatan dihentikan.“Benar, lanjutan pra alek pelaksanaan ketiga dihentikan dinas. Kami dan panitia telah menerima informasi ini pada dua hari lalu,” kata Walinagari Cubadak, Asrizallis saat dihubungi, Mìnggu (14/3).Menurutnya, panitia bergerak cepat menyampaikan informasi itu kepada tim pacuan dan pedagang yang mangkal di arena pacuan di hamparan Sawah Nunang Cubadak panitia, agar mereka tak merugi
Dari pantauan, walaupun hanya dalam pra alek atau tingkat latihan, namun pelaksanaannya disambut antusias tim pacuan di nagari-nagari yang menyebar padaempat kecamatan di Tanah Datar.

Pengunjung dan pedagang pun sangat ramai berdatangan, karena telah setahun tradisi anak nagari ini dihentikan pelaksanaannya.

Menurut Kabid Olaraga Dispora Jimmy Saputra, dihentikannya pra alek pacu jawi tersebut diputuskan setelah koordinasi dengan Forkopimca Lima Kaum hingga Polres Tanah Datar. “Dari evaluasi dua kegiatan sebelumnya memang terjadi pelanggaran Prokes dengan tidak menerapkan 3M saat pengunjung ramai memadati arena pacuan,” katanya.

Panitia, katanya, juga tak bisa menjamin menjalankan Prokes dengan pemisahan jarak penonton, dan memakai masker. 


#Ryan

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Protokol Kesehatan Diabaikan, Pacu Jawi Dihentikan Rating: 5 Reviewed By: Umarzam