Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan, Emma Yohana Gandeng Wartawan Pasaman

Pasaman (Rangkiangnagari) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) / MPR RI, Hj. Emma Yohana 'gandeng' wartawan dalam sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di Kabupaten Pasaman. Acara yang terkesan familyar dan berwujud silaturahmi ini, di gelar Minggu (21/3) sore di Emir Hotel Lubuk Sikaping. 

"Saya menyadari, melakukan sosialisasi kepada wartawan, apalagi tentang kebangsaan, tentu tidak pas, karena untuk masalah ini wartawan adalah pakarrya. Namun harapan Saya, adik-adik wartawan dapat meneruskan kepada publik melalui media masanya," ujar Emma Yohana mengawali sosialisasi

Diungkapkan, data Badan Pusat Statistik (BPS) terdapat 1.128 suku bangsa dan bahasa, beragam agama dan budaya, serta sedikitnya terdapat 16.056 pulau yang tersebar dari Sabang di Nangro Aceh Darussalam, hingga Maraoke di Papua.

Mengingat kondisi demikian, Emma Yohana menekankan perlu konsepsi, kemauan dan kemampuan yang kuat untuk menopang kebesaran, keluasan dan kemajemukan ke-Indonesiaan itu.

Namun 'Uni' Ema menyadari, fenomena yang dijumpai selama ini, bahwa narasi kebangsaan dalam praktek kehidupan bernegara terasa tawar, tidak berasa.

"Kita melihat selama ini, sosialisasi Pancasila sudah sering dilakukan. Namun yang kita lihat justru semangat kebangsaan itu tetap tawar. Malah Pancasila itu seakan berada di awang-awang, tidak kunjung terpatri dalam sanubari anak bangsa.

Hal ini tentu jadi masalah yang dirasakan banyak kalangan, untuk perlu dihidupkan kembali dengan metode-metode baru yang lebih mengena. 

Menurut 'Uni' Emma, Empat Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika, merupakan tiang penyangga bagi Bangsa ini, agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman dan tenteram serta terhindar dari berbagai macam potensi gesekan dan gangguan.

"Empat pilar sebagai fondasi atau dasar yang menentukan kokohnya bangunan, dan bila fondasi itu rapuh maka bangunan itu akan mudah roboh," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Emma Yohana turut mengajak wartawan Pasaman jeli mellihat peluang usaha yang dapat dikembangkan insan pers. Karena pemerintah saat ini banyak menyajikan bantuan usaha bagi pelaku UMKN, apalagi di tengah Pandemi Covid-19 mewabah.

"Sesuaikan dengan potensi yang ada di Pasaman, boleh perkebunan, peternakan atau perikanan. Bentuk wadahnya, bisa kelompok atau koperasi, sehingga usaha tersebut dapat dikelola secara bersama-sama, oleh wartawan," himbau Emma Yohana.

Sementara itu, Budhi Hermawan selaku moderator acara menilai, bahwa sosilisasi ini sangat strategis, mengingat empat pilar kebangsaan harus kembali di bumikan, mengingat unsur yang terdapat di empat pilar, adalah warisan sekaligus kesepakatan untuk menjaga keutuhan bangsa yang besar ini.

"Barangkali konsepsi itulah yang dirangkum sedemikian rupa, hingga Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara atau Empat Pilar Kebangsaan, perlu disosialisasikan Ibu Ema Yohana selaku anggota DPD RI," ulas Budhi.-- (wl).

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.