Latest News

BNN Kabupaten Solok ikuti peringatan HANI 2021 Secara virtual

Koto baru (Rangkiangnagari) - Badan Narkotika Nasional (BNN)Kabupaten Solok Peringati Hari Anti Narkoba Indonesia (HANI) Internasional tahun 2021,secara Virtual di Aula  kantor BNN Kabupaten Solok Senin (28/6) , yang dihadiri  oleh Kajari Solok,Dandim 0309,Bupati Solok,Ketua PN,Kapolres Solok.

Adapun tema HANI tahun 2021 "Perang melawan Narkoba (War On Drugs) di era pandemi Covid 19 menuju Indonesia bersih narkoba (BERSINAR)

Peringatan HANI tahun 2021 di buka oleh Wakil Presiden RI Makruf Amin,Dalam sambutannya menyampaikan HANI yang di peringati setiap tahun 26 Juni merupakan bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan prekursor narkotika yang berdampak.buruk terhadao kesehatan,perkembangan sosial ekonomi serta keamanan dan kedamaian dunia.

Penyalahgunaan narkotika menyebabkan sekitar 190.000 orang di dunia mati sia sia setiap tahunnya.

Narkotika juga secara nyata dapat memicu kejahatan lainnya seperti pencurian,pemerkosaan dan pembunuhan.sementara itu,perdagangan dan peredaran gelap Narkotika di sinyalir menjadi salah satu sumber pendapatan untuk mendukung operasi tindakan terorisme

Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 menyebutkan bahwa Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan, yang dibedakan ke dalam golongan-golongan

Adapun narkotika yang terkandung dalam undang-undang tersebut di golongkan menjadi empat golongan berdasarkan kegunaan dan efek yang diberikan.

Kepala BNN Kabupaten Solok AKBP Saifuddin Anshori SIK usai peringati HANI secera virtual saat dikonfirmasi menyampaikan Indonesia termasuk daerah Darurat Narkoba, tidak ada daerah di Indonesia yang bebas narkoba.

“Oleh karnanya Narkoba harus di berantas sejak dini.dan itu butuh kerjasama dari semua pihak.mustahil pemberantasan ini bisa di lakukan oleh satu instansi atau pemerintah saja,” ujarnya.

Untuk Kabupaten Solok ,BNN Kabupaten Solok telah meluncurkan 3 Nagari Bersinar (Bersih Narkoba dan mengukuhkan kelompok penggiat anti narkoba dan insyallah tahun ini kita akan melouncing saparoh nagari di kabupaten Solok untuk menjadi nagari Bersinar.dan semoga tahun 2022 sebanyak 74 nagari di kabupaten Solok telah menjadi nagari bersinar .harapnya.(Liza)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: BNN Kabupaten Solok ikuti peringatan HANI 2021 Secara virtual Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana