Pasar Baruah Gunuang Terbakar, Bupati: Data Jumlah Kerugian Yang Terjadi

BARUAH GUNUNAG (RangkiangNagari) - Pasar Baruah Gunuang, Kecamatan Bukit Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat terbakar. 6 bangunan di kawasan pasar tersebut hangus dilalap si jago merah, Sabtu (12/6/2021) dini hari sekitar pukul 03.30 WIB.

Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo mengatakan, seluruh bentuk kerugian materil akibat bencana kebakaran yang terjadi di pasar Baruah Gunuang, akan di data oleh dinas terkait di  Pemerintah Kabupaten Lima Pululuh Kota. Setiap bencana yang terjadi pemerintah daerah berkewajiban memberikan perlindungan masyarakat dari dampak bencana tersebut.

“Kita perintahkan dinas terkait untuk mendata dampak bencana kebakaran ini. Data kerugian akibat bencana kebakaran sangat penting sebagai langkah-langkah perbaikan yang akan dilakukan. Untuk penyelidikan kita serahkan kepada pihak kepolisian,” kata Bupati ketika meninjau langsung kejadian kebakaran pasar Baruah Gunuang.

Kepala Dinas  Pemadam Kebakaran Kabupaten Lima Puluh Kota, Alfian, S.STP. MSi melalui Sekretaris Syukri Anda, SH mengatakan, kebakaran yang terjadi di pasar Baruah Gunung di tindak lanjuti oleh  Posko Damkar Kecamatan Suliki, Mungka dan Posko Induk di Kota Payakumbuh. Namun karena kondisi geografis yang berat, 4 unit mobil pemadam kebakaran tiba dilokasi kebakaran lebih kurang 20 menit.

“Karean kondisi geografis dan jarak tempuh,  lebih kurang 1,5 jam petugas berjibaku akhirnya api dapat dipadamkan.” Kata Syukri Anda.

Melihat kondisi geografis demikian, menurut Syukri Anda kedepan perlu adanya Pos Pemadam Kebakaran di Kecamatan Bukit Barisan untuk mengantisipasi dan menanggulagi sejak dini kejadian kebakaran.

“Kondisi georafis yang membuat keterlambatan penanggulangan dan pencegahan kebakaran. Penting kiranya keberadaan posko tersebut, di kecamatan ini” tuturnya.

Sementara Itu, Kepala Polisi Sektor Suliki Iptu Rika Susanto menyebutkan, dari keterangan saksi-saksi di lokasi kejadian, api berasal dari lantai salah satu bangunan yang ada di pasar tersebut.

“Sumber api masih dalam penyelidikan kami. Keterangan saksi sementara, api berasal dari salah satu bangunan yang ada dikawasan pasar ini,” kata Kapolsek kepada awak media, Sabtu (12/6/2021) pagi.

Taksiran sementara, kerugian akibat kebakaran pasar Baruah Gunuang mencapai Rp 1 Miliar. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat kejadian yang sempat membuat panik warga sekitar kawasan pasar tersebut. Hingga berita ini diturunkan, masyarakat Baruah Gunuang masih melakukan perbersihan sisa-sisa bangunan dan barang yang terbakar.(BM)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.