Latest News

ACT dan Wabup Pasaman Barat Luncurkan Wakaf Modal Usaha Mikro Indonesia

SIMPANG AMPEK (RangkiangNagari) – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Pasaman Barat bersama Wakil Bupati H. Risnawanto melaksanakan soft launching program Wakaf Modal Usaha Mikro Indonesia bagi pelaku UMKM, Kamis (12/8). Kegiatan tersebut dilaksanakan di auditorium Kantor Bupati Pasaman Barat.

H. Risnawanto didampingi oleh Sukarni PLT Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pasaman Barat menyampaikan apresiasi atas adanya program bantuan modal usaha oleh ACT ini. Tentu program tersebut bermanfaat bagi pelaku usaha atau UMKM di Pasaman Barat.Lebih lanjut Risnawanto menerangkan, saat ini banyak pelaku UMKM yang terdampak atas wabah covid-19, sehingga banyak UMKM yang mengalami penurunan Omset, tentu ini akan mempengaruhi pendapatan dan kemajuan usaha.

Kepada penerima manfaat yang hadir dalam acara tersebut. Ia juga meminta agar bantuan pinjaman modal usaha ini benar-benar dipergunakan untuk tambahan Usaha agar usaha yang dijalankan bisa terus Berjalan dan berkembang.Sementara itu Kepala Cabang ACT Pasaman Barat Gatoet Kesuma menyampaikan ucapan terimakasih Kepada pemerintah daerah Pasaman Barat, tentunya Dinas Koperasi dan UKM Pasbar atas dukungannya sehingga peluncuran Program Wakaf Bantuan modal UMKM berjalan lancar.

Pada kesempatan tersebut Ia mengatakan program ini bentuk kepedulian Dermawan yg berdonasi melalui ACT terhadap pelaku UMKM terdampak oleh wabah Covid 19 di Pasaman Barat. ia menerangkan, Pada tahap awal penerima manfaat 10 pelaku usaha atau UMKM dengan nilai bantuan modal masing – masing Rp1 juta.

Bantuan pinjam modal tersebut, nantinya akan dikembalikan penerima sesuai dengan kesepakatan antara pihak ACT dan pelaku usaha dengan jangka waktu maksimal 1 tahun tanpa adanya potong atau dana administrasi maupun bunga.Ada 150 alokasi untuk pelaku usaha atau UMKM yang tersebar di kabupaten Pasaman Barat, namun akan di identifikasi dan diseleksi sesuai kriteria yang berhak atau yang memenuhi syarat untuk mendapatkan program bantuan pinjam modal ini dan agar program ini dapat terlaksana dengan baik ACT mengajak para Dermawan untuk bersama sama mewakafkan Modal Usaha utk membantu pelaku usaha Micro ini yg terdampak covid melalui lembaga kemanusian Aksi Cepat Tanggap.

Pihaknya juga menyampaikan, guna menunjang atau memberikan dampingan dan arahan, ACT membentuk tim Pendamping yang tujuannya mendampingi para pelaku usaha atau UMKM yang menerima manfaat, sehingga bantuan ini benar-benar dimanfaatkan secara baik, sehingga memberikan dampak atas kemajuan untuk kemajuan usaha.

Salah satu penerima manfaat Mursidah (46) warga Jorong Tampus Ujung Gading menyampaikan, bantuan modal ini begitu membantunya karena susahnya mendapatkan bantuan modal pinjaman saat ini, apalagi bantuan yang tanpa ada uang administrasi atau bunga.

Mursidah yang menjadi tulang punggung keluarga tunggal bagi 4 anaknya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada ACT dan Pemerintah daerah Pasaman Barat Karena bisa mendapatkan program ini. Ia juga menyampaikan bantuan modal usaha ini akan dipergunakannya untuk tambahan modal usaha jualan lontong dan gorengan.

 

#Rn

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: ACT dan Wabup Pasaman Barat Luncurkan Wakaf Modal Usaha Mikro Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Umarzam