Latest News

Sejumlah Wilayah di Padang Pariaman Terendam Banjir

PARIK MALINTANG (RangkiangNagari) – Dalam beberapa hari terakhir, curah hujan di wilayah Padang Pariaman terbilang cukup tinggi. Hujan disertai angin kencang pun kerap terjadi. Hal tersebut telah memicu terjadinya banjir. Ratusan rumah dilaporkan sempat terendam.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariamn, Budi Mulya, Kamis (19/8), menyebutkan curah hujan dengan intensitas tinggi telah terjadi dalam dua hari terakhir, Rabu dan Kamis.Akibat tingginya curah hujan, sekitar 180 rumah dan puluhan hektar lahan pertanian masyarakat di Surantiah, Nagari Lubuak Aluang, Kecamatan Lubuak Aluang, pada Rabu (18/8) malam, sempat terendam. Hal yang sama juga terjadi di sejumlah korong di Nagari Sungai Buluah, Kecamatan Batang Anai.

Di Nagari Sungai Buluah ada sekitar 75 rumah warga yang terendam banjir. Selain rumah, luapan air yang cukup tinggi juga telah mengakibatkan terkikisnya beberapa ruas jalan. Karena ruas jalan amblas, akses ke Sungai Buluah Timur lumpuh.

Selain banjir dan longsor, di sejumlah lokasi juga terjadi pohon tumbang. Di Pilubang, Kecamatan Sungai Limau, pohon tumbang menimpah badan jalan kabupaten dan, hal itu sempat mengganggu arus trasportasi. Peristiwa tersebut terjadi, Rabu (18/8) menjelang siang.

Terkait sejumlah bencana itu, Budi Mulya menyebutkan BPBD bersama institusi terkait lainnya telah turun membantu masyarakat yang terkena musibah. Dan, mengingat cuaca yang masih ekstrim, pihaknya pun masih mensiagakan Satgas TRC PB.

“Kita minta kepada masyarakat, terutama yang tinggal di daerah rawan bencana agar waspada. Waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana,” kata Kalaksa BPBD Padang Pariaman.

 

#Rn

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Sejumlah Wilayah di Padang Pariaman Terendam Banjir Rating: 5 Reviewed By: Umarzam