Kelurahan NDB Dinilai Lapangan, Optimis Juara Tahun Ini

Payakumbuh (Rangkiangnagari) - Panilaian Kelurahan Berprestasi Tingkat Kota Payakumbuh Tahun 2021 memasuki tahapan penilaian lapangan untuk 3 besar. Pada Rabu (22/9) dilakukan di Kelurahan Nunang Daya Bangun, Kecamatan Payakumbuh Barat.

Tim penilai yang datang terdiri dari 3 bidang. Untuk bidang pemerintahan ada Staf Ahli Wali kota Bidang Pemerintahan Herlina, Hukum dan Politik Elfriza Zaharman, Kabag Pemerintahan Aplimadanar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Devitra, Kepala Dinas Kominfo Armein Busra, dan Kabag Organisasi David Bachri.

Untuk Bidang Kewilayahan ada Staf Ahli Wali kota Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Elfriza Zaharman, Kepala Dinas Sosial Erwan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Wal Asri, Kasat Pol PP Junaidi, dan Kepala BPBD Erizon.

Sementara untuk Bidang Kemasyarakatan ada Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi, Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan SDM Elvi Jaya, Kepala DP3AP28KB Syahnadel Khairi, Kepala Dinas Kesehatan dr. Bakhrizal, serta Ketua DPD LPM Kota Payakumbuh YB Dt. Parmato Alam.

Menurut Ketua LPM Fahman Rizal, bagi masyarakat Kelurahan Nunang Daya Bangun, menjadi 3 besar dalam penilaian kelurahan di tingkat kota ini merupakan hal yang sangat berarti, karena dibandinh dua kelurahan lainnya, tantangan mereka bisa dibilang lebih besar, karena kelurahan ini berada di area kawasan pasar, tentu permasalahan sosial masyarakatnya tidak sekompleks kelurahan lainnya.

"Kultur dan karakteristik masyarakat di NDB beragam, kelurahan yang memiliki masyarakat multi etnis. Terima kasih dan selamat datang kepada tim penilai, kami siap dinilai dan ingin memberikan yang terbaik," ungkapnya.

Lurah NDB Ari Ashadi menyampaikan apresiasi kepasa dukungan seluruh mayarakat NDB, perbedaan etnis malah membuat kelurahan ini semakin kompak dan bersinergi dalam setiap program yang dibuat lurah bersama jajarannya.

"Melihat semangat masyarakat NDB kali ini, kami seperti melihat orang yang baru bangun dari tidurnya, energi dan partisipasinya sangat luar buasa, apapun yang kita buat dan kita inginkan untuk kepentingan umum, tidak butuh lama merealisasikannya," papar Lurah.

Sememtara itu, oleh Camat Paykumbuh Barat Ul Fakhri, yang menerangkan dirinya mendukung penuh Kelurahan NDB. Dijelaskannya persiapan maksimal, dia melihat upaya yang diberikan oleh lurah serta dukungan masyarakat bersama seluruh stake holder sangat tinggi. 

"Kelurahan berprestasi artinya tampak kalau lurah menggerakkan lembaga-lembaga  yang ada melayani masyarakat. Beginilah kondisi ideal sebuah pemerintahan. Bahkan untuk NDB, kelurahan lain di Payakumbuh Barat pun turut membantu dan mendukung," ungkapnya.

Ul Fakhri juga menyebut nilai jual dari NDB dalam pelayanan ini adalah partisipasi masyarakat dan program pemberdayaan sumber daya manusianya. Dia cukup angkat topi dengan lurah yang mampu menggali potensi-potensi yang ada, apalagi keunggulan NDB dalam penanggulangan Covid-19, mereka punya satgas yang aktif sejak 2020 lalu.

"Apa yang dinilai hari ini di NDB adalah unsur-unsur yang sudah ada bahkan sebelum ikut lomba. Kita berharap ini menjadi motivasi bagi lurah dan masyarakat di kelurahan lainnya. Memajukan daerah tidak cukup oleh sosok satu lurahnya saja, tapi bagaimana kepedulian lapisan masyarakat ikut andil, dan iti bukan hanya dalam momentum ikut lomba saja," terang mantan Kabag Kesra itu.

Tim penilai Elvi Jaya mengatakan dirinya cukup kagum dengan tingginya antusias masyarakat NDB, cukup terharu dengan kompaknya masyarakat NDB. Dirinya mengatakan hasil penilaian tim penilai tetap objektif karena setiap kelurahan tentu punya potensi unggulan masing-masing.

"Partisipasi masyarakat adalah salahsatu indikator yang kami nilai," ungkapnya. (Rn)

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.