Disampaikan Pada Raker APRI Kakan Kemenag Pessel Harapkan Setiap KUA menjadi Sentra Moderasi Beragama

 

Painan (Rangkiangnagari) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) H. Abrar Munanda. Mengharapkan setiap Kantor Urusan Agama (KUA) di daerah itu agar bisa menjadi sentra moderasi beragama. Hal itu dikatakan pada Rapat Kerja (Raker)Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI)Cabang Kabupaten Pesisir Selatan, pada Selasa (21/9/2021).

"Alhamdulillah, kita baru saja selesai mengikuti rapat kerja, Asosiasi Penghulu Republik Indonesia Cabang Pesisir Selatan. Dalam raker ini, ada sejumlah pesan yang kita sampaikan buat penghulu dan KUA, ucap Kakan Kemenag Pessel, H.Abrar Munanda, usai membuka kegiatan yang bertempat di KUA IV Jurai tersebut. 

Dijelaskan H. Abrar Munanda, beberapa point yang disampaikan itu antara lain:

Pertama, Para penghulu diharapkan mampu meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) lewat kegiatan muzakarah, seminar dan menulis. Kedua, Setiap KUA harus melakukan penguatan program revitalisasi KUA yang sudah dicanangkan Kementerian Agama RI, dengan cara meningkat pelayanan terhadap masyarakat, baik secara administrasif, konsultatif, serta pelayanan bidang keagamaan lainya, selain melakukan pencatatan nikah.

Selanjutnya,setiap KUA di daerah itu harus menjadi sentra moderasi beragama, dengan berperan menjaga kesejukan, kenyaman dalam kehidupan bermasyarakat yang hidup kemajemukan. Pesan terakhir sebut H. Abrar Munanda yang disampaikan pada penghulu dan KUA saat raker APRI tersebut adalah. Seluruh jajaran KUA di daerah itu harus tampil "Rancak" sesuai Tage line Pesisir Selatan yakni "Pasisia Rancak". Maksudnya, setiap KUA harus mampu tampil rancak, tidak hanya fisiknya saja, namun juga harus memberikan pelayanan yang ramah dan santuan terhadap seluruh masyarakat.

Sementara itu, Ketua APRI Cabang Pessel, Zaimal Elpatani, menyampaikan rapat kerja forum APRI cabang Pessel tersebut adalah yang perdana sejak dikukuhkan beberapa waktu lalu.

"Alhamdulillah rapat kerja yang kita lakukan ini berjalan dengan baik," ungkap Kepala KUA Kecamatan Bayang tersebut. (Dodi)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.