Pemko Payakumbuh melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik kota Payakumbuh menggelar sosialisasi pengawasan aliran kepercayaan masyarakat

Payakumbuh (Rangkiangnagari) -  Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Payakumbuh menggelar sosialisi pengawasan aliran kepercayaan masyarakat (Pakem) di Aula SMA Negeri 2 Payakumbuh, Rabu (08/09).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Forkopimda Kota Payakumbuh, Kakan Kemenag Kota Payakumbuh, ketua MUI, ketua FKUB serta seluruh pesrta sosialisasi yang terdiri dari tokoh agama dan tokoh masyarakat. 

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi menyebut sosialisasi ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga dan mengawasi kemurnian ajaran agama dan ketenteraman hidup beragama serta dapat menjaga keamanan dan ketertiban umum.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan kesadaran dan kepedulian masyarakat kita untuk senantiasa memberikan pengawasan terhadap aliran kepercayaan yang dianut ditengah tengah masyarakat. Karena ini semua merupakan tanggung jawab kita bersama," kata Wako Riza Falepi kepada media.

Wali Kota dua periode tersebut menjelaskan, dari banyaknya aliran kepercayaan tersebut sering ditemukan kerawanan kerawanan yang dapat menimbulkan konflik, dimana satu aliran kepercayaan tersebut cenderung membenarkan kepercayaannya sendiri.

"Oleh karena itu, mari kita sikapi bersama secara bijaksana. Semoga dengan pertemuan ini dapat terbangun toleransi beragama dan bermasyarakat yang harmonis ditengah tengah kehidupan masyarakat," ucapnya.

Dan tak lupa dikesempatan itu juga Wako Riza Falepi mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Payakumbuh agar tetap menjaga kesehatan apalagi ditengah pandemi ini dan tetap patuhi protokol kesehatan.

"Walaupun kasus kita telah turun protokol kesehatan harus tetap jangan sampai lengah. Dan jangan lupa untuk melaksanakan vaksinasi agar antibodi itu bisa terbentuk dalam diri kita," ucapnya.

Sementara itu Kapolres Payakumbuh Alex Prawira mengataka untuk kegiatan keagamaan di Kota Payakumbuh sampai saat ini berjalan dengan aman dan lancar.

"Alhamdulillah untuk kegiatan Pakem dan toleransi beragama di daerah kita berjalan dan terjaga dengan baik, semoga situasi ini selalu tetap terjaga," ujar kapolres.

Kapolres juga mengimbau apabila ada kejadian yang aneh aneh di tengah masyarakat segera laporkan, karena sinergi antara pemerintah dan masyarakat sangat diperlukan.

"Peran aktif masyarakat sangat diperlukan disini agar kerukunan dan toleransi beragama tetap terjaga di Payakumbuh," ucapnya.

Dikesempatan itu juga Kepala Kantor Kesbangpol Budhy D. Permana mengatakan, kegiatan ini untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam menumbuh kembangkan daya tangkal mini terhadap segala bentuk kegiatan penyalah gunaan aliran kepercayaan masyarakat.

"Diharapkan dengan sosialisasi ini dampak buruk dan sejenisnya dapat kita hindari sedini mungkin," pungkasnya. (Rn) 

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.