Bupati Solok Serahkan Piagam Top Inovasi Pelayanan Publik Dalam Rangka Hari Pahlawan

Kabupaten Solok (Rangkiangnagari) - Pemerintah Kabupaten Solok menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati hari pahlawan 10 November tahun 2021 di lapangan parkir kantor Bupati Solok. Rabu (10/11).

Bupati Solok H. Epyardi Asda yang bertindak selaku Inspektur upacara membacakan Amanat Menteri Sosial RI dihadapan seluruh peserta upacara dengan tema Pahlawanku Inspirasiku.

Hadir dalam upacara peringatan hari pahlawan, Bupati Solok H.Epyardi Asda, Pj. Sekda Medison,S.Sos,M.Si, Ketua TP- PKK Kab Solok Ny.Hj.Emiko Epyardi Asda, Kapoles Solok AKBP Apri Wibowo, Dandim 0309/Solok diwakili Kasdim Mayor Inf Hendra Bagus Arioko, Kajari Solok Feni Nila Sari, Ketua KPU Gadis M, Ketua Bawaslu Afri Memori, Ketua Pengadilan Koto Baru Bayu Agung, Forkopimda Kab Solok dan seluruh Kepala SKPD dilingkungan Pemda Kab Solok.

Dalam amanatnya Bupati Solok menyampaikan, bahwa pada hari ini rabu 10 November 2021 seluruh pelosok tanah air dan perwakilan RI di luar negeri melaksanakan upacara bendera dan mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik dengan penuh khidmat.

Meskipun ditengah pandemi Covid-19 pelaksanaan upacara bendera pada hari pahlawan tetap dilaksanakan dengan jumlah yang terbatas dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sesuai dengan amanat Menteri Sosial RI, hari pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa.

Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka. Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa,seperti: kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal, dan termasuk berjuang melawan pandemi COVID-19 yang saat ini melanda dunia.

Meskipun dalam masa pandemi covid-19, peringatan hari pahlawan tahun 2021 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu didalam amanat Menteri Sosial yang dibacakan oleh Bupati Solok juga berharap agar setiap warga negara harus selalu menjaga  nilai-nilai kepahlawanan seperti, percaya kepada tuhan YME, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong,perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia.

Semangat kepahlawanan yang terus menyala,dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini. Yakin apabila setiap anak bangsa Indonesia tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan tersebut, maka kita akan dapat menyelesaikan berbagai masalah bangsa.

"Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain,"ajak menteri sosial.

Pada momentum hari bersejarah menteri sosial juga mengimbau kepada seluruh rakyat Indonesia untuk berpartisipasi memperingati Hari Pahlawan Tahun 2021 sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan. 

Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Sukarno yang menyatakan bahwa “…hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar…”.Kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan membangun negeri. Jangan siasiakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini.

Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2021, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan-Nya kepada bangsa Indonesia.

Setelah melaksanakan Upacara, Bupati Solok  menyerahkan piagam penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik tingkat nasional tahun 2021 dari kementrian pendayagunaa aparatur negara  dan reformasi birokrasi kepada Puskesmas tigo lurah.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala UPTD Puskesmas Batubajanjang Kecamatan Tigo Lurah Radom Adaira beserta jajaran.

Disampaikan, sebelumnya penghargaan tersebut sudah diserahkan oleh menteri pendayagunaa aparatur negara dan reformasi birokrasi RI secara virtual kepada Pj Sekda Kab Solok Medison,S.Sos, M.Si tanggal 9 November 2021.


(Liza)

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.