Latest News

Masuk Tahap Penilaian, LPM Payobasung Disambangi Rombongan Dari Provinsi Sumbar

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) - Wakili Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan yang ada di Kota Payakumbuh, LPM Kelurahan Payobasung kecamatan Payakumbuh Timur masuk dalam tahap penilaian lapangan ajang LPM Berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2021.

Disambut langsung oleh wakil walikota Erwin Yunaz bersama Asisten I Dafrul Pasi, Asisten III Amriul Dt. Karayiang dan Camat Payakumbuh Timur Dewi Novita beserta jajaran dari kecamatan dan kelurahan Payobasung, rombongan tim penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) dan DPD LPM Provinsi Sumatera Barat itu hadir di kantor lurah Payobasung, Rabu (10/11).

Dengan mengucapkan Terimakasih, Wakil walikota Erwin Yunaz mengawali sambutan dengan mengatakan bahwa kelurahan Payobasung merupakan salah satu dari 47 kelurahan di kota Payakumbuh yang telah lolos dalam pembinaan, yang dimana pembinaan ini dimulai untuk ditingkat kecamatan, kota dan kini akhirnya mewakili kota Payakumbuh ke tingkat Provinsi,” kata Erwin.

Disampaikannya, bahwa LPM haruslah berperan aktif dalam pembangunan serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat untuk turut memberikan partisipasi dalam meningkatkan pembangunan agar terciptanya masyarakat yang memiliki kelurahan sejahtera.

Serta yang paling utama, LPM juga dapat menjadi sebagai mitra Pemerintah, agar LPM nantinya mampu menggerakkan pembangunan di segala aspek kehidupan di tengah masyarakat.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan perlombaan ini diharapkan dapat mendorong sinergitas antara peran Kelurahan dan partisipasi aktif masyarakat dan lembaga kemasyarakatan di kelurahan dalam proses pemberdayaan dan kemandirian masyarakat,” harap Erwin.

Sementara itu, kepala Dinas PMD Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Kabid Pemberdayaan Masyarakat Hendrawati Roza menyampaikan jika ajang pencarian LPM berprestasi di tingkat Provinsi ini selalu berlangsung tiap tahunnya, akan tetapi karena kita dilanda musibah wabah virus covid-19, maka tahun 2020 ditiadakan pelaksanaannya, dan ditahun ini baru bisa diselenggarakan lagi dengan mengikuti anjuran protokol kesehatan yang telah dikeluarkan oleh pihak dinas kesehatan untuk menjaga dan mencegah penyebaran virus covid-19.

“Karna wabah virus ini, telah banyak terjadi perubahan dalam aspek-aspek kehidupan masyarakat. Tidak terkecuali dalam tahapan penilaian LPM berprestasi ini,” ungkap Roza.

Dikatakannya jika LPM kelurahan Payobasung akan bersaing bersama lima LPM kelurahan yang terpilih yang akan dinilai dalam ajang LPM berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2021.

“Dan untuk penilaian yang akan dilakukan terbagi dalam 3 bidang, yakni penilaian dalam indikator wawancara dengan pengurus kelurahan, bidang LPM, sekretaris dan bendahara LPM, pengurus lembaga kemasyarakatan, lembaga adat kelurahan serta  sampai tokoh masyarakat pun akan kita lakukan penilaiannya,” papar Roza.

Selaku ketua LPM kelurahan Payobasung, Ir. Erry S Djaren katakan jika LPM Payobasung memiliki visi, “Terwujudnya Masyarakat Kelurahan Payobasung yang Sehat, cerdas, beriman dan bertaqwa menuju kelurahan Payobasung yang mandiri, maju dan sejahtera”. Dengan disikapi melalui misi untuk dapat meningkatkan kualitas SDM, kesejahteraan masyarakat, sarana dan prasarana, agribisnis dan menumbuhkan nilai – nilai agama, budaya dan seni bagi terwujudnya masyarakat madani serta menciptakan lingkungan yang bersih, asri, nyaman dan indah dengan menggalakkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Dan untuk dapat merealisasikan atas visi dan misi tadi, seluruh unsur masyarakat yang ada di kelurahan Payobasung ini turut terjun langsung berpartisipasi untuk mencapai kesejahteraan bersama,” tandas Erry.

 

#Rn

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Masuk Tahap Penilaian, LPM Payobasung Disambangi Rombongan Dari Provinsi Sumbar Rating: 5 Reviewed By: Umarzam