Padang Juara Umum MTQ Ke-39 Tingkat Sumbar

Padang Panjang (Rangkiangnagari) - MTQ Ke-39 Tingkat Provinsi Sumatra Barat, yang berlangsung di Kota Padang Panjang,  Jumat (18/11) ditutup oleh Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldi, Kota Padang pun dinyatakan sebagai Juara Umum.

Sementara juara bertahan MTQ Tingkat Sumbar tahun 2019 Kabupaten Tanah Datar, berada diurutan ketiga, dan sedangkan tuan rumah Kota Padang Panjang, berada diurutan ketujuh.

Pengumuman pemenang berbagai mata lomba dan juara umum menjadi puncak penutupan acara penutupan MTQ Nasional Ke-39 Tingkat Sumbar di Kota Padang Panjang. 

Kendati penutupan acara diwarnai hujan deras, namun tidak mengurangi kemeriahan acara penutupan yang dilaksanakan di lapangan GOR Bancah Laweh Khatib Sulaiman Padang Panjang, Jumat sore (18/11).

Bahkan, animo khafilah dan masyarakat menyaksikan acara penutupan tidak berkurang. Sorak-sorai kegembiraan masing-masing khafilah daerah mendengar setiap pengumuman dewan hakim dari 37 cabang lomba membuat acara pemutupan menjadi meriah. 

Puncak kegembiraan semakin seru ketika pengumuman peringkat juara umum MTQ Tingkat Sumbar yang diraih Kota Padang.

Adapun hasil MTQ Nasional Ke-39 Tingkat Sumbar yang dibacakan oleh Ketua Dewan Hakim, DR.H. Sobhan Lubis bersama Sekretaris H. Yusran Lubis, secara bergantian itu Kota Padang keluar sebagai juara umum, disusul Kabupatan Tanah Datar sebagai peringkat 2, Kota Pariaman peringkat 3, Kabupaten Pasaman peringkat 4, Kabupaten Agam peringkat 5.

Sedangkan Kabupaten Padang Pariaman, berada peringkat 6, disusul tuan rumah Kota Padang Panjang peringkat 7, Kota Bukittinggi peringkat 8, Kabupaten Pasaman Barat peringkat 9. Khusus untuk peringkat 10 diraih oleh dua daerah Kota Solok dan Kota Payakumbuh, yang mempunyai jumlah nilai yang sama.

Kota Padang yang keluar sebagai juara umum nemboyong piala bergilir yang diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Sumbar yang juga Ketua LPTQ Sumbar, Audi Joinaldy, kepada Kota Padang, yang diterima Walikota Padang, Hendri Septa. 

Cuma saja, karena suasana penutupan diwarnai hujan, penyerahan piala dilakukan secara simbolis kepada Qori dan Qoriah mewakili khafilah yang keluar sebagai juara.

Usai penyerahan piala, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy menutup secara resmi ajang MTQ Nasional Ke-39 Tingkat Sumbar. 

Dalam sambutannya, Wagub Audy, mengapresiasi Kota Padang Panjang yang telah berhasil menggelar MTQ Tungkat Sumbar dengan sukses sejak awal pembukaan sampai dengan penutupan. 

“Atas nama provinsi Sumbar, kami menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Walikota Padang Panjang, Fadly Amran, serta Wakil Walikota, Asrul, bersama jajarannya, yang telah berhasil sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada warga Kota Padang Panjang yang telah mendukung pelaksanaan MTQ di ini,” ujar Audy.

Audy menilai, ajang MTQ telah melahirkan persaudaraan antar khafilah dari berbagai daerah. Dikatakan, pelaksanaan MTQ  sudah berjalan dengan baik dan aman, dan terima kasih kepada seluruh panitia dan dewan hakim yang sudah melaksanakan tugas ini. 

Wagub juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Walikota yang sangat berperan aktif mengirimkan khafilah daerahnya. Wagub juga memberikan atensinya kepada pemenang. 

“Yang juara jangan sombong, yang kalah jangan berputus asa. Teruslah berlatih untuk ajang yang akan datang” katanya sembari menutup secara resmi pelaksanaan MTQ Nasional Ke-39 Tingkat Sumbar.

Pada penutupan itu juga diumumkan Kabupaten Solok Selatan, sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ Nasional Ke-40 Tingkat Sumbar tahun 2023. 

Penunjukan Solok Selatan sebagai tuan rumah MTQ Ke-40 ditandai dengan penyerahan bendera MTQ dari Wagub Audy, kepada Bupati Solok Selatan, Khairunnas. (rul)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.