Tindak Lanjuti Rakerda Gerak PKK Bimtek Program Pokja III Digelar

Kabupaten Solok (Rangkiangnagari) - Menindak lanjuti dari Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Gerak PKK yang diselenggarakan pada 09 September 2021 yang lalu, Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Solok melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Pokja III yang digelar pada Rabu (24/11) bertempat di ruang Solok Nan Indah.

Dalam sambutan Ketua TP PKK Kab. Solok yang diwakili oleh Ny. Yossi Agusta Zaitul Ikhlas, SP, M.Si menyampaikan bahwa, "Ketua TP PKK Kab. Solok merasa bangga dengan diselenggarakannya kegiatan Bimtek Program Pokja III ini. Kegiatan ini memiliki makna yang sangat strategis.

Bimtek adalah agenda rutin PKK yang dilaksanakan setiap tahun, di samping memperkuat silaturahmi seluruh pengurus TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan dan TP PKK Nagari, Bimtek ini juga dilaksanakan untuk memberikan pembinaan berjenjang dan berkelanjutan, sehingga semua pengurus dapat mengetahui sejauh mana pelaksanaan program pokok PKK khususnya Pokja III di tiap-tiap kecamatan dan nagari. 

Bimtek ini juga sebagai ajang mengevaluasi permasalahan di lapangan dan mencari solusinya secara bersama. Secara umum TP PKK berkomitmen untuk berkontribusi dalam upaya mewujudkan Indonesia maju melalui gerakan nasional keluarga pelopor perubahan, dengan sasaran strategis menjadi mitra pemerintah dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, menurunkan angka kemiskinan, menurunkan angka stunting, serta memutus rantai penyebaran Covid-19," jelasnya.

Pokja III memiliki program unggulan yang dikenal dengan "aku HATInya PKK", Hati PKK yang dimaksud adalah singkatan dari Halaman Asri, Teratur, Indah dan nyaman. HATI PKK merupakan suatu gerakan masyarakat untuk  memanfaatkan halaman rumahnya agar tampak lebih asri, teratur dan nyaman. Dengan gerakan bersama ini di harapkan akan memberikan kesadaran kepada masyarakat akan arti pentingnya keasrian, keteraturan, keindahan dan kenyamanan. Selain itu mengajak masyarakat memanfaatkan tanahnya untuk ditanami sehingga hasil tanaman tersebut, dapat membantu keluarga memberikan nilai ekonomi. 

Sementara itu Kepala DPMN yang diwakili Kabid Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Benni Darwata, S.ST menyampaikan agar seluruh peserta Bimtek dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dalam  pelaksanaan kegiatan di lapangan, yang menyentuh langsung sampai ke kelompok terkecil yaitu keluarga. Dalam rangka mewujudkan keluarga yang sejahtera, maka kegiatan TP PKK ke depannya harus lebih ditingkatkan dan tentunya juga seiring dengan peningkatan kemampuan kader yang berkualitas, serta siap dengan perkembangan zaman di era digital ini. 

"Kepada kader yang mengikuti bimtek ini untuk terus semangat, berbuat dan berkarya lebih baik lagi ke depannya, tentunya dengan mendukung visi misi kepala daerah menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Sumatera Barat," harapnya.

Selain dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Solok yang diwakili oleh Ketua Bidang III Ny. Yossi Agusta Zaitul, SP, M.Si, Ketua Pokja III Nu’aini, Kepala DPMN yang diwakili Kabid Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Benni Darwata, S.ST, juga turut hadir Pengurus Pokja III TP PKK Kabupaten Solok. Selain itu hadir sebagai peserta Bimtek Ketua TP PKK Kecamatan, Ketua Pokja III Kecamatan, Ketua TP PKK Nagari dan Ketua Pokja III Nagari se Kabupaten Solok. (Liza)

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.