Latest News

Pendaftaran SBMPTN Dimulai 23 Maret

JAKARTA (RangkiangNagari) – Proses penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri tahun 2022 dilakukan melalui tiga jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur mandiri.

Untuk SBMPTN, periode pendaftaran baru akan dilaksanakan pada 23 Maret hingga 15 April 2022. “Tahun ini kita akan memulai penerimaan mahasiswa baru di PTN melalui jalur undangan SNMPTN dan jalur tes SBMPTN Kedua jalur tersebut diselenggarakan bersama-sama oleh LTMPT,” ujar Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek, Nizam, di kantor Kemendikbudristek, Selasa (4/1) dikutip dari laman republika.co.id.

Ketua Umum Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mochamad Ashari, menjelaskan, proses registrasi akun LTMPT bagi anak-anak ingin kembali ikut SBMPTN dapat dilakukan pada 14 Februari hingga 17 Maret 2022. Sementara untuk proses pendaftaran SBMPTN-nya dimulai pada 23 Maret hingga 15 April 2022.
“Artinya, ini memilih jurusan, pilihan satu, pilihan dua, dan seterusnya itu mulai 23 Maret sampai 15 April 2022,” jelas Ashari.

Kemudian, pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) SBMPTN akan dilakukan sebanyak dua gelombang. Untuk gelombang pertama dilaksanakan pada 17-23 Mei 2022 dan gelombang kedua dilaksanakan pada 28 Mei hingga 3 Juni 2022.

Ashari mengatakan, lokasi UTBK SBMPTN tersebar di seluruh Indonesia di 74 pusat UTBK. “Nanti hasilnya diumumkan pada tanggal 23 Juni. Sedangkan sertifikatnya itu bisa diunduh 25 Juni-31 Juli 2022. Ini tanggal-tanggal penting untuk SBMPTN,” terang dia.

Untuk proses SNMPTN per hari ini, sekolah-sekolah sudah dapat memulai melakukan registrasi akun LTMPT hingga 15 Februari mendatang. Proses registrasi akun LTMPT bagi sekolah tahun ini dilakukan lebih dulu sebelum proses registrasi akun LTMPT bagi para siswa.
“(Pengaksesnya) bisa sampai 2,4 juta pada saat itu baru dibuka, ini rawan terjadi kemacetan di IT sehingga kita geser, untuk sekolah dulu, baru siswa buat akun. Nanti siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dia mau mengambil jurusan apa,” ujar Ashari.

Dia menjelaskan, proses registrasi akun LTMPT untuk sekolah dimulai 4 Januari, sementara proses registrasi akun LTMPT bagi siswa baru dapat dilakukan pada 10 Januari mendatang. Untuk batas akhir registrasi akun LTMPT bagi sekolah dan siswa, dijadwalkan sama-sama berakhir pada 15 Februari 2022.

Sejalan dengan dibukanya proses registrasi akun LTMPT bagi sekolah, proses penetapan siswa yang memenuhi syarat mengikuti SNMPTN juga mulai dilakukan hingga 8 Februari 2022. SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN dengan biaya subsidi penuh pemerintah.

“Untuk pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau PDSS dilakukan pada 8 Januari sampai 8 Februari 2022,” kata Ashari.

Setelah semua proses tersebut selesai, siswa-siswa yang sudah dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti SNMPTN dapat melakukan pendaftaran pada 14 hingga 28 Februari 2022. Ashari mengingatkan, siswa yang hendak mendaftar harus melakukan registrasi akun LTMPT terlebih dahulu.

“Setelah itu dilakukan seleksi, scoring, nanti (SNMPTN) diumumkan hasilnya pada tanggal 29 Maret 2022,” ujar dia.

 

#Rn

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Pendaftaran SBMPTN Dimulai 23 Maret Rating: 5 Reviewed By: Umarzam