Latest News

PASCA JALAN MUARO SUNGAI LOLO MASUK PRIORITAS , MASYARAKAT SETEMPAT TERHARU

Pasaman (Rangkiangnagari) - Kecamatan Mapat Tunggul merupakan salah satu  kecamatan yang berbatasan dengan propinsi Riau , terkait jauhnya jarak tempuh dari pusat kabupaten Pasaman ke daerah ini , menjadikan daerah ini mendapat perhatian khusus dari pemerintah Daerah.

Perhatian khusus tersebut disampaikan Wakil Bupati lPasaman dalam. sambutanya saat membuka  Musrenbang di Kecamatan Mapat Tunggul selatan Rabu 17/02/2022.

Dalam sambutanya Wabup Sabar AS mengatakan , Musrenbang ini adalah  merupakan agenda yang sangat penting dalam menentukan arah pembangunan kedepan , dimana dalam ranah inilah usulan dari berbagai pihak dapat ditampung sesuai kebutuhan di daerah yang bersangkutan , disamping itu dari daftar usulan inilah yang akan ditindak lanjuti nantinya.

Sementara itu untuk  kecamatan Mapat Tunggul salah satunya akan di realisasikan perbaikan jalan yang menghubungkan Ulu layang ke dan muara sungai Lolo yang berjarak  lebih kurang  sepanjang 2 km ,sementara jalan dari Padang gelugur menuju Muaro Sungai Lolo yang merupakan kewenangan Propinsi, dan saat ini pihak kabupaten sedang terus mengupayakan  penyelesaianya dengan pihak propinsi , diharapkan  dengan adanya perbaikan jalan tersebut artinya akan dapat menghubungkan kedaerah lain seperti ,Propinsi Riau ,dan Kabupaten Lima Puluh kota.

 Dengan perbaikan jalan ini ia berharap  tentunya akan dapat memberikan arti penting bagi masyarakat dalam peningKatan sektor ekonomi.

disamping itu juga tidak kalah pentingnya adalah  pengadaan air bersih terutama di daerah silayang , tambah Wabup.

Wabub juga menambahkan terkait perkampungan KB , akses jalan didaerah ini agar bisa dikerjakan secara keroyokan oleh seluruh pihak.

Untuk ladang ladang yang gundul atau yang tidak dimanfaati , Sabar AS menghimbau untuk bisa dimanfaatkan dengan tanaman yang mempunyai nilai ekonomi , sekaligus dengan penanaman lahan tersebut setidaknya  dapat mencegah terjadinya longsor dan banjir.

Kalimat yang sama juga disampaikan Wakil Bupati Pasaman  ketika juga membuka Musrenbang di hari yang sama di Kecamatan Rao Selatan.

Dalam hal ini Sabar .AS lebih menekankan tentang pelaksanaan 10 program prioritas pembangunan baik itu fisik , mental dan spiritual guna menjadikan Pasaman kearah yang lebih baik dan bermartabat.

Camat mapat Tunggul selatan Abu bakar Tarmizi, saat menyampaikan paparan RKPD di kantor camat setempat mengatakan.

Untuk saat ini kecamatan tersebut masih berharap adanya realisasi  prioritas utama seperti Akses jalan, Komunikasi ,hal ini terkait dengan program prioritas Pemerintah Kabupaten Pasaman, dan untuk pariwisata pihaknya bersama masyarakat tetap mendukung program Kepariwisataan disamping program lainya.

Harapan yang sama juga disampaikan camat Rao Selatan Kahairul Ikhsan  saat Musrenbang di Kecamatan tersebut , diantaranya  pembangunan gedung serba guna, dan sarana lain yang paling  prioritas dan sangat dibutuh masyarakat.

Kepala Bappeda Pasaman Khairuddin Batu bara menyebutkan , Untuk realisasi usulan ada yang dipotong terkait batasan anggaran , dan yang lebih didahulukan adalah yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Ditempat lain , salah seorang masyarakat yang juga  jorong pangian , nagari Muaro sungai Lolo Abdul Gofar,  menanggapi apa yang di sampaikan Wakil bupati Pasaman tentang pendidikan gratis sampai SLTA,  mewakili masyarakat pangian mengucapkan rasa terima kasih atas kepedulian Bupati dan Wakil Pasaman yang telah membantu masyarakat dalam soal pendidikan yang selama ini membayar , tentunya  sangat berat oleh masyarakat, dan sekarang telah di gratiskan , dengan program ini tentunya dapat membantu mengurangi beban ekonomi  dalam keluarga.

Demikian juga dengan adanya rencana perbaikan jalan kedaerahnya Sungai Lolo , ia mengakui sangat terharu dengan rencana tersebut , ( tim ).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: PASCA JALAN MUARO SUNGAI LOLO MASUK PRIORITAS , MASYARAKAT SETEMPAT TERHARU Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana