Semangat Siswa SDN 58 Batang Agam Gelar Pengajian dan Bersih-Bersih Lingkungan

Payakumbuh (Rangkiangnagari) - Dalam rangka persiapan menuju sekolah adiwiyata tingkat provinsi Sumatera Barat, SDN 58 Payakumbuh atau yang dikenal dengan SDN 58 Batang Agam menyelenggarakan 2 kegiatan sekaligus Sabtu (5/3).

Sekolah yang dipimpin oleh Susi Afrita dan berada di pinggiran Batang Agam Kelurahan Nunang Daya Bangun ini melaksanakan kegiatan isra' mi'raj dan peduli sampah. Sekolah ini sepertinya tidak pernah sepi dengan kegiatan, prestasi, serta inovasi, setelah sukses menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun.

Di awali dengan mendengarkan tausiyah yang disampaikan oleh Pengawas Pendidikan Agama Arham S Ag dan diteruskan arahan serta penyampaian dari Kepsek SDN 58 Susi Afrita, kemudian seluruh siswa yang didampingi para guru menuju ke lokasi yang akan dibersihkan.

Kepala Sekolah Susi Afrita mengatakan aksi peduli sampah kali ini berfokus pada sampah plastik yang berserakan dan ditemui sepanjang jalan yang dilalui sekitar kelurahan Nunang Daya Bangun, sekaligus kegiatan ini bertujuan sebagai persiapan sekolah menuju sekolah Adiwiyata.

"Kegiatan atau aksi yang dilaksanakan adalah melakukan pemungutan sampah disekitar jalur Batang Agam, lingkungan sekolah, dan jalan seputaran Kelurahan Nunang Daya Bangun. Siswa berbekal kantong plastik ataupun membawa peralatan penampungan sampah," kata Susi.

Kepsek Susi Afrita menjelaskan kegiatan pengajian dan aksi peduli sampah ini diselenggarakan adalah sebagai bentuk kepeduliannya terhadap pembentukan karakter bagi murid serta pembangunan mental dan spiritual sebagai bekal nantinya di kemudian hari. 

"Aksi ini juga dilakukan sebagai bentuk dan upaya sekolah mengajak dan mendidik para siswa supaya cinta akan lingkungan yang bersih dan sehat," jelasnya.

Susi menambahkan, kegiatan sekolah ini tidak terlepas dari support dan dukungan Dinas terkait seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Puskesmas Ibuh, Pemerintah Kelurahan, LPM, dan tokoh masyarakat.

"Mudah-mudahan dukungan dan support ini terus bertambah sehingga dengan kerjasama dan sinergi antara pemerintah dan masyarakat ini mengantarkan sekolah ini menjadi yang terbaik," tutup Kepala sekolah Susi Afrita.

Sementara itu, Ketua LPM Kelurahan Nunang Daya Bangun Fahman Rizal menyambut baik langkah yang dilakukan oleh Kepsek Susi Afrita dan memberikan apresiasi terhadap aksi yang dilakukan oleh jajaran guru dan seluruh siswa SDN 58 Payakumbuh.

"Kedepannya kegiatan ini akan menjadi agenda rutin dan masuk dalam rencana program tahunan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Nunang Daya Bangun," ujar Fahman.

Terpisah, Lurah Nunang Daya Bangun Ari Ashadi turut mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh SDN 58 Batang Agam ini.

"Semoga kegiatan ini bisa menjadi motivasi bagi masyarakat terkait dengan kebersihan lingkungan sekitar dan menjadikan Nunang Daya Bangun bersih dan asri," pungkasnya. (Rn)

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.