Latest News

Coaching Clinic Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 di SDN 10 Sungai Sapih

Sungai Sapih (Rangkiangnagari) - Dalam rangka menjawab penemuan terkait kesulitan dan hambatan guru-guru dalam proses pendaftaran Program Guru Penggerak, Coaching Clinic Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 digelar di SDN 10 Sungai Sapih, Senin (28/03/2022)

Kegiataan tersebut dihadiri oleh Korwil Kecamatan Kuranji Kecamatan Kuranji Drs Mursid, Pengawas dan guru se kecamatan Kuranji. Kegiataan dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 28 Maret berakhir tanggal 29 Maret 2022.

Kegiataan ini dibuka sekaligus membawakan materi oleh Tri Susilawati, S.Pd selaku Pengajar Praktik Guru Penggerak Angkatan 4. Ia menjelaskan kegiataan ini bertujuan untuk mengajak guru-guru hebat untuk mendaftar dan summit sebagai Pengajar Praktik dan Calon Guru Penggerak pada Program PGP

Peserta akan melalui serangkaian seleksi administrasi dan tes CGP angkatan 7 nantinya. Dalam pendaftaran peserta diminta untuk melengkapi pengisian CV (Curriculum Vitae) selanjutnya diarahkan untuk pengisian essai. “Essai yang merupakan hasil plagiarism tidak akan diterima oleh tim seleksi, jadi benar-benar murni karya essai sendiri,” ujar Tri Susilawati.

Tahapan selanjutnya peserta menghadapi tes bakat skolastik dan tes simulasi mengajar. Dalam tes bakat skolastik terdiri dari tes verbal, tes kuantitaif dan tes penalaran. Setiap tes memiliki batas waktu yang sudah ditentukan.

Kemudian saat tes simulasi mengajar harus memperhatikan bahasa tubuh yang postif seperto senyuman atau pun pujian secara verbal, mahir menggunakan alat peraga/media pembelajaran dan dapat memandu siswa untuk berdiskusi. Tes terakhir selanjutnya adalah wawancara. “Pertanyaan wawancara biasanya berkaitan dengan soal essai yang sudah kita kirim sebelumnya,” tambahnya.

Tri Susilawati juga memberikan arahan kepada guru-guru untuk terus bersemangat dalam pendaftaran menjadi guru Penggerak, guru-guru di kecamatan Kuranji dapat turut berkontribusi dalam transformasi Pendidikan melalui program Guru Penggerak angkatan 7. “Kita berharap dengan adanya kegiataan ini bisa mempermudah untuk para guru-guru bisa lulus dalam kandidat CGP dan bisa mengikuti pendidikan guru penggerak,” pungkasnya.(Ayu)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Coaching Clinic Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 di SDN 10 Sungai Sapih Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana