Latest News

TIM SAFARI RAMADHAN 1443 H SECARA MARATHON SAMBANGI 35 MASJID DI LIMAPULUH KOTA

SARILAMAK (RangkiangNagari) - Sebanyak tujuh Tim Safari Ramadhan secara marathon dimulai Sabtu (03/4) menyambangi 35 masjid di seantero Kabupaten Limapuluh Kota di momentum bulan suci Ramadhan 1443 H. Selain untuk bersilaturrahmi dengan warga, juga akan diisi dengan penyampaian misi dan program prioritas daerah serta menjemput aspirasi masyarakat.

Ke tujuh tim, masing-masing dipimpin oleh Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kajari, Kapolres Limapuluh Kota, Kapolresta Payakumbuh, Dandim 0306/ 50 Kota serta ditunjang oleh jajaran perangkat daerah Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota.

Diharapkan dengan misi yang dibawa oleh Tim Safari Ramadhan, bakal meningkatkan kedekatan antar pemerintah dengan warga, sehingga bisa meminimalisir resistensi dari masyarakat dalam pelaksanaan program/ kegiatan pembangunan.

Demikian pokok pikiran yang disampaikan oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Limapuluh Kota, saat memberikan arahan pada Rapat Teknis Tim Ramadhan Limapuluh Kota di Aula Kantor Bupati, Sarilamak, Jumat (01/3).

“Untuk pertama kalinya, di masa kepemimpinan pasangan Safari, Safaruddin dan Rizki Kurniawan Nakasri, kita menurunkan Tim Ramadhan mengunjungi dan bersilaturrahmi dengan warga. Karenanya diminta kepada tim, jalinlah silaturahmi pemerintah dengan masyarakat, sampaikan visi dan misi daerah, serap aspirasi masyarakat,” jelas Bupati Limapuluh Kota di hadapan peserta rapat.

Ditambahkan oleh Bupati Safaruddin agar segenap tim sungguh-sungguh melaksanakan susunan agenda kunjungan yang telah ditetapkan, terlebih perangkat daerah teknis yang disiapkan untuk menjelaskan program prioritas serta mendengarkan membahas aspirasi warga.

“Jadi jangan tidak hadir, terutama kepala perangkat daerah, mereka yang akan mendukung pimpinan tim, menjelaskan hal-hal teknis nantinya,” kata Bupati Safaruddin.

Tampak hadir dalam rapat teknis diantaranya Wakil Bupati Rizki Kurniawan Nakasri, Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Mochamad Denny Nurcahyono, Kapolres Limapuluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso, Wakapolresta, Payakumbuh, Sekretaris Daerah Widya Putra, Asisteh I Setda Herman Azmar serta sejumlah kepala perangkat daerah Pemkab Limapuluh Kota.

Sementara itu, Wakil Bupati Rizki Kurniawan Nakasri menyampaikan agar masing-masing tim diminta untuk memahami visi, misi dan program prioritas daerah, serta pemetaan terhadap potensi wilayah yang dikunjungi oleh tim.

Dengan cara demikian, maka tim akan lebih bekerja efektif, sehingga masyarakat bisa mengetahui secara menyeluruh terhadap program prioritas serta tujuan dari pelaksanaan kegiatan pembangunan.

“Kiranya kepada masing-masing tim disiapkan panduan yang sama tentang subjek yang akan disampaikan saat berkunjung ke masyakarat,” kata Wabup Rizki Kurniawan Nakasri.

Di sisi lain, Kapolres Limapuluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso menyatakan jajarannya siap untuk menjaga kondisi keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Ramadhan 1443 H.

Khususnya Tim Ramadhan, dia meminta tim untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya penerapan Prokes-Covid-19. “Kita minta setidaknya jemaah di masjid agar tetap memakai masker saat melakukan ibadah,” kata Kapolres Tri Eko Santoso.

Memperkuat apa yang disampaikan Kapolres Limapuluh Kota, Dandim 0306/50 Kota, Kapolres Limapuluh Kota, dan Kapolres Kota Payakumbuh menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan Safari Ramadhan, sebagai ajang pendekatan pemerintah daerah dengan masyarakat. Mereka juga menyatakan kesiapan penuh untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kestabilan daerah Limapuluh Kota saat bulan suci Ramadhan tahun ini.  

Pelaksanaan Safari Ramadhan di Limapuluh Kota mengacu kepada Surat Keputusan Bupati Limapuluh Kota Nomor: 451.1/115/BUP-LK/III/2022 Tanggal 25 Maret 2022 Tentang Pembentukan Struktur Organisasi Safari Ramadhan Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2022. Kunjungan Tim Safari dijadwalkan akan menyambangi 35 mesjid di 35 nagari yang berada di 13 kecamatan dan dimulai oleh Wakil Bupati Rizki pada 3 April 2022 di Masjid Al-Ihsan Sungai Talang dan ditutup oleh Bupati Safaruddin pada 20 April 2022 di Masjid Nurul Iman Kenagarian Sungai Naniang. (BM/r)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: TIM SAFARI RAMADHAN 1443 H SECARA MARATHON SAMBANGI 35 MASJID DI LIMAPULUH KOTA Rating: 5 Reviewed By: Umarzam